Perayaan Natal, Anies Monitor Tujuh Gereja

Perayaan Natal, Anies Monitor Tujuh Gereja

Gubernur Jakarta, Anies Baswedan. (Mahesa/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal melaksanakan monitoring gereja-gereja pada perayaan malam Natal, sejak sore hingga malam hari. Monitoring ini dilakukan bersama pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) seperti Kapolda Metro Jaya, Pangdam Jaya, Pangkoops TNI AU, Kepala BIN DKI, Ketua Kejaksaan, Ketua Pengadilan Tinggi, dan Kepalda Kanwil Kemenag Provinsi DKI.

Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Hendra Hidayat bilang, total Gereja yang dikunjungi sebanyak tujuh Gereja. Rinciannya, empat gereja Protestan dan tiga gereja Katolik.

Dalam rapat sebelumnya, Pemprov DKI mengundang tujuh pemuka agama gereja Kristen dan satu keuskupan agung dari para Pendeta dan Romo. Hal ini untuk memilih mana Gereja yang akan dikunjungi.

"Kalau gereja-gereja sudah kami hubungi. Mereka dengan senang hati menunggu kehadiran Gubernur DKI dan Forkopimda. Mengingat, ini suatu bentuk apresiasi untuk Kristen dan Katolik yang melaksanakan natal," ucap Hendra saat dikonfirmasi, Selasa, 24 Desember.

Kegiatan monitoring gereja-gereja oleh Forkopimda DKI, kata Hendra, adalah untuk memastikan agar umat Kristiani bisa merayakan Natal dengan situasi keamanan yang terkendali.

"Umat bisa melaksanakan ibadahnya dengan khusyuk. Kemudian, kita bisa bergembira bersama dan bersuka cita menyambut Natal," ucap dia.

Lebih lanjut, Gubernur Anies ingin memberi pesan bahwa Jakarta menjunjung kesetaraan dan kebersamaan bagi seluruh umat beragama. Dari kebersamaan itulah, akan timbul rasa persatuan. "Inilah yang kita rawat dan jaga," sebut Hendra.

Berikut daftar gereja yang akan dikunjungi:

1. Gereja Katolik Santo Kristofarus Jakarta, Jalan Satria IV Kelurahan Jelambar, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

2. Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Petojo Grogol, Jalan Kyai Tapa, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

3. Gereja Katolik Keluarga Kudus Rawamangun, Jalan Balai Pustaka Baru, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur.

4. Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Rawamangun, Jalan Balai Pustaka Baru, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur.

5. Gereja Protestan Indinesia Bagian Barat (GPIB) Inmanuel, Jalan Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat.

6. Gereja Katedral Jakarta, Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

7. Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Paulus Jakarta, Jalan Taman Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat.