Segala Menu Kuliner Paling Populer Sepanjang 2019
Ilustrasi foto (RitaE/Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Tidak terasa, tahun 2019 akan berakhir dalam hitungan hari. Banyak hal terjadi sepanjang 2019 yang tidak bisa dilupakan begitu saja. Berbagai tren baru juga muncul, salah satunya adalah tren dalam kuliner. Media sosial juga menjadi salah satu faktor mengapa suatu makanan atau minuman menjadi sebuah tren.

Orang-orang yang menggunakan media sosial biasanya akan mengunggah kuliner yang dianggap unik dan estetis. Ketika orang lain melihat unggahan tersebut, maka akan tertarik mencobanya. VOI merangkum kuliner menjadi hits sepanjang 2019, Senin 23 Desember 2019.

Boba

Ilustrasi foto (Frank Zhang/Unsplash)

Boba adalah makanan ringan yang biasanya dijadikan topping pada minuman yang digandrungi oleh anak-anak muda. Rasanya yang kenyal memberikan sensasi tersendiri bagi yang mengonsumsinya. Saking populernya boba, kini tak hanya dibuat sebagai tambahan pada minuman, tapi juga ditambahkan pada makanan. Yang paling ekstrem, terdapat sebuah menu boba yang ditambahkan pada mi rebus plus sawi dan telur. 

Boba sendiri adalah makanan ringan khas Taiwan yang sudah ada sejak 20 tahun lalu. Boba sebenarnya adalah makanan penutup tradisional 'Fen yuan', yaitu puding yang terbuat dari tapioka dan biasanya disajikan dengan es air gula.

Pergeseran budaya, orang Taiwan lalu menambahkan boba tersebut ke dalam es teh sebagai penambah citarasa teh. Karena rasa manisnya cocok di semua kalangan, akhirnya teh boba sangat populer di Taiwan dan dikenal dengan sebutan Bubble tea. Salah satu menu boba yang paling populer di Indonesia adalah brown sugar boba. 

Menu serba keju

Ilustrasi foto (PDPhotos/Pixabay)

Apa pun varian keju, pasti memiliki pencintanya masing-masing. Salah satu varian keju yang diminati banyak orang adalah keju mozzarella. Keju mozzarella dapat dilelehkan dan ditambahkan pada berbagai jenis makanan, salah satunya adalah spageti.

Namun kini tak hanya terbatas makanan barat atau eropa, makanan tradisional Indonesia juga bisa dicampurkan dengan lelehan keju mozzarella. Salah satu menu favorit khas Indonesia yang bisa dicampur dengan lelehan mozarela adalah ayam geprek. Paduan antara pedasnya sambal ayam geprek dan asin keju membuat menu tersebut menjadi populer. 

Tak hanya makanan, keju juga dapat dicampurkan dengan minuman. Salah satu minuman yang dicampurkan dengan keju adalah cheese tea. Keju yang digunakan di minuman cheese tea adalah cheese foam yang dibuat dari keju krim yang dicampur dengan susu kental manis. Gurih khas keju dan segarnya teh memiliki perpaduan rasa yang segar. 

Es kopi susu

Ilustrasi foto (StockSnap/Pixabay)

Siapa yang tidak suka es kopi susu? minuman mengandung kafein ini cocok untuk kaum urban yang dikejar deadline agar tetap segar. Sebenarnya es kopi susu bukan minuman jenis baru yang muncul tahun ini. Namun banyaknya kedai-kedai kopi yang buka sepanjang 2019 membuat orang yang bahkan bukan pencinta kopi pun akan mencobanya. Hal tersebut dikarenakan rasa es kopi susu yang ringan dan manis, tidak sepahit americano atau espresso. 

Tak sekadar menghilangkan kantuk, es kopi susu juga menjadi ajang untuk eksperiman rasa. Setiap kedai kopi mempunyai es kopi susu yang khas, sehingga para pencinta kopi bisa menemukan sendiri kopi favoritnya dari berbagai kedai yang ada.Selain itu, varian rasa es kopi susu juga membuat kedai-kedai kopi masa kini laris manis dikunjungi.

Contohnya, ada es kopi susu tambahan gula aren atau bahasa hits-nya 'brown sugar'. Selain itu ada juga es kopi susu yang menggunakan susu coklat, memadukan rasa pahit coklat dan pahit kopi memunculkan citarasa yang baru dari olahan kopi. Harga es kopi susu pun juga tidak semahal di kafe-kafe, yaitu sekitar Rp18.000 untuk harga termurah. 

Rice bowl

Ilustrasi foto (Instagram/@ricebowl.indonesia)

Tidak diragukan, nasi menjadi makanan favorit di Indonesia. Kehadiran rice bowl menjadi tren karena tampilannya yang simpel. Rice bowl merupakan makanan khas Jepang yang ada di Jakarta sejak 2017. Meski cukup lama sudah ada di Indonesia, kehadiran rice bowl tidak ada matinya.

Rice bowl begitu mudah dikonsumsi karena lauk pauknya yang tidak rumit seperti ayam, telur, ikan, dan lainnya tergantung menu restoran masing-masing. Selain itu, rice bowl juga sangat cocok bagi kalangan urban yang sibuk.

Mereka hanya memiliki waktu makan siang sedikit, rice bowl bisa menjadi pilihan karena mudah dibawa ke mana-mana dan menggunakan wadah sekali pakai. Rice bowl pun dijual tak hanya di restoran-restoran saja, namun juga ada di minimarket yang dijual di pendingin. Nantinya rice bowl tersebut dapat dihangatkan di microwave. 

Salted Egg 

Ilustrasi foto (Bruno Glatsch/Pixabay)

Menu campuran salted egg masih menjadi menu favorit di 2019 ini. Mencapai kejayaannya pada 2018, salted egg memang memiliki rasa unik yang mudah cocok di lidah berbagai kalangan. Saus tersebut terbuat dari kuning telur asin, yang mana mudah dijumpai di Indonesia.

Tekstur saus salted egg yang sedikit kasar membuat saus salted egg menjadi salah satu makanan yang memiliki rasa yang unik. Bahkan beberapa orang yang tidak suka telur asin, akan menyukai saus salted egg karena rasanya tidak terlalu asin dan tidak terlalu encer. 

Saus salted egg kini juga tak hanya sebagai perasa hidangan utama, namun juga sebagai perasa makanan ringan. Salted egg semakin populer ketika dijadikan menu rice bowl, yang mana juga merupakan kuliner hits selama 2019.