5 Fitur Galaxy S21 Ultra yang Membuat <i>Flagship</i> Ini Makin Menggoda
Galaxy S21 Ultra (Photo by Anh Nhat on Unsplash)

أنشرها:

Seri Galaxy S21 resmi diperkenalkan awal bulan ini dalam acara Galaxy Unpacked 2021. Meskipun minim kejutan berkat bocoran yang sudah menyebar, Galaxy S21 Ultra sudah siap bersaing untuk menjadi smartphone terbaik tahun ini.

Memang tahun 2021 baru berjalan tiga minggu. Tetapi Samsung sudah mengawali tahun ini dengan perangkat yang dirancang khusus untuk pengguna yang ingin mendapatkan pengalaman terbaik.

Membaca spesifikasinya saja, tergambar jelas jenis komponen yang diharapkan banyak penggemar. Ditambah fitur-fitur terbaik yang dikembangkan perusahaan. Tak perlu diragukan lagi jika ponsel ini merupakan seri terbaik yang ditawarkan perusahaan tahun ini.

Agar penggemar lebih jelas, tim VOI sudah merangkumkan lima fitur terbaik dari ponsel unggulan Samsung ini.

Teknologi Terbaik

Berbagai teknologi canggih yang diharapkan penggemar bisa ditemukan dari perangkat ini. Dan yang membedakan seri ini dengan varian lain yakni layar QHD+ berukuran 6,8 inci. Layar ini mampu menghasilkan grafis dengan refresh rate 120Hz.

Di samping itu, masih ada dukungan dapur pacu Snapdragon 888,  RAM 12GB, baterai berkapasitas 5.000 mAh, serta kemampuan untuk mengoperasikan S-Pen –yang dijual terpisah. Masih ada banyak lagi fitur-fitur unggulan yang dimiliki ponsel ini.

Memang, beberapa komponen sudah dihilang oleh perusahaan. Contohnya seperti slot kartu SD serta –yang bikin penggemar gemar, adaptor isi ulang.

Kamera Telefoto Ganda

Satu faktor kejutan diberikan perusahaan pada seri terbaru ini. Bisa dilihat dari bagaimana pendekatan Samsung terhadap fitur zoom. Tahun lalu, Galaxy S20 Ultra menggunakan lensa telefoto zoom 4x dan hybrid zoom 10x untuk mencapai kemampuan 100x zoom –yang ternyata memiliki kendala tersendiri selama penggunaannya.

Perusahaan mengubah hal itu pada GalaxY S21 Ultra. Untuk pertama kalinya, Samsung menerapkan dua lensa telefoto pada smartphone. Keduanya memiliki kemampuan 10MP dengan teknologi Dual-Pixel serta mendukung fitur zoom optis 3x dan 10x.

Kunci Zoom

Kedua lensa telefoto dari Galaxy S21 Ultra juga didukung teknologi Optical Image Stabilization (OIS) yang bisa membantu mengatasi salah satu kendala utama kamera: stabilitas. Pada Galaxy S20 Ultra, stabilitas menjadi salah satu hal yang paling kerap dikeluhkan pengguna.

Dan melalui Galaxy S21 Ultra, perusahaan mengatasi kendala tersebut dengan memperkenalkan fitur Kunci Zoom atau Zoom Lock. Fitur ini menggunakan teknologi Kecerdasan Buatan yang mampu menstabilkan foto maupun video.

Director View, Vlogger View, dan Perekaman 4K60

Setiap vlogger, videografer, maupun konten kreator pemula layak bersuka cita. Tiga fitur baru yang ditawarkan Galaxy S21 Ultra bakal membuat ponsel ini sebagai terbaik untuk perekaman video di manapun dan kapanpun.

Pertama, lima lensa (termasuk kamera depan 40 MP yang didukung fitur Auto Focus) mampu mendukung perekaman video 4K dengan 60FPS. Dikombinasikan dengan fitur lain dari perangkat, pengguna bisa lebih leluasa membuat video berkualitas tanpa mengorbankan kecepatan.

Kedua yakni video Director View. Bisa disebut jika ini adalah mimpi setiap sutradara. Pasalnya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat hasil rekaman dari masing-masing lensa, kemudian mengubah kamera yang dipakai tanpa menghentikan proses rekaman.

Terakhir yakni fitur Vlogger View. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menangkap setiap momen menggunakan kamera belakang, serta merekam ekspresi reaksi dari momen tersebut menggunakan kamera depan secara bersamaan.

Terakhir, Dukungan S-Pen

Meskipun sudah banyak bocoran yang menyebutkannya, pengumuman resmi dari perusahaan terkait dukungan S-Pen pada Galaxy S21 Ultra tetap saja jadi kejutan bagi penggemar. Hanya saja, pengguna perlu membeli aksesoris yang dijual secara terpisah ini.

Dukungan S-Pen pada layar berukuran lebar tentu bakal mempermudah pengoperasian perangkat. Dan berkat kemungkinan tak terbatas itu pula yang membuat Galaxy S21 Ultra terlihat begitu menawan.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)