أنشرها:

JAKARTA - Bukan saat yang tepat bagi Arsenal saat menyambut kedatangan Liverpool dalam big match di Premier League Inggris di Stadion Emirates, Minggu, 27 Oktober 2024 malam WIB. Badai cedera pemain membuat manajer Mikel Arteta sulit tidur.

Liverpool sangat berpotensi menghalangi laju Arsenal. Apalagi, Liverpool tak ingin kehilangan poin demi mempertahankan takhta klasemen yang bisa saja direbut Manchester City lebih dulu.

Ya, sehari sebelumnya atau Sabtu, 25 Oktober 2024 malam WIB, Man City menjamu lawan enteng Southampton. Di atas kertas, Man City bakal tak kesulitan mengatasi Soton. Bahkan tim asuhan Pep Guardiola diprediksi bakal menang besar atas lawannya sekaligus menggeser Liverpool.

Liverpool hanya bisa kembali ke puncak bila mengalahkan Arsenal. Hanya, The Gunners pun butuh kemenangan. Kekalahan mengejutkan lawan Bournemouth menjadikan Arsenal gagal menjaga jarak poin dengan Liverpool dan Man City. Ini yang menjadikan Arsenal bakal habis-habisan dalam big match itu.

Persoalannya laga besar itu memang bukan momen tepat bagi Declan Rice dkk. Bagaimana tidak, badai cedera pemain menghantam klub London Utara itu.

Terakhir bek Riccardo Calafiori mengalami cedera saat Arsenal menang 1-0 atas Shakhtar Donetsk di pertandingan Liga Champions. Dirinya menyusul Jurrien Timber yang sudah lebih dulu menepi. Sementara, Bukayo Saka yang sempat menepi kemungkinan sudah pulih dan bisa dimainka di laga tersebut.

Tak hanya itu, kapten Martin Odegaard masih menjalani pemulihan usai cedera ligamen yang butuh waktu beberapa bulan untuk benar-benar sembuh. Repotnya lagi, bek William Saliba juga absen karena larangan bermain.

"Biasanya, di kepala saya sudah ada gambaran line up pemain dan saya bisa tidur nyenyak. Tetapi kadang Anda harus menunggu sampai hari berikutnya untuk mendapatkan line up," ujar Arteta seperti dikutip The Sun.

"Kadang dua atau tiga hari sebelumnya, Anda sudah bisa menetapkan line up. Apa yang harus dilakukan saat menghadapi tim tertentu. Tetapi Anda dihadapkan ketidakpastian saat ada pemain yang cedera," katanya lagi.

"Saat Anda kehilangan kapten, ini jelas masalah besar. Namun bagaimana bila Anda juga kehilangan bek tengah, bek, striker dan pemain sayap...Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan adaptasi dan menjaga keyakinan dan kepercayaan diri pemain. Apalagi kami merupakan tim besar," ucap pria asal Spanyol berusia 42 ini.

Arteta mengakui tim mana pun tak berharap dengan situasi banyak pemain cedera. Namun menurut dia Arsenal punya kemampuan mengatasi situasi tersebut.

"Jelas, kami tak ingin berada di situasi seperti ini. Tetapi saya beruntung dengan pemain, skuad yang saya miliki. Begitu pula sikap dan karaker mereka. Kami adalah tim yang tahu bahwa kami merupakan tim yang bagus dan bisa menyulitkan lawan," kata Arteta lagi.

Di laga itu, Arteta masih bisa mengandalkan Kai Havertz di depan. Dirinya ditopang Saka, bila pulih dar cedera, dan Gabriel Martinelli. Sementara, di belakang ada kuartet Ben White, Gabriel Magalhaes, Jakub Kiwior dan Oleksandr Zinchenko yang menjadi pilihan pertama. Mereka tetap bisa menjadi benteng pertahanan yang kokoh menghadapi gempuran The Reds.

Liverpool pun dalam situasi kurang bagus. Duo andalan, kiper Alisson Becker dan striker Diogo Jota belum pulih. Mereka sudah absen saat LIverpool menaklukkan RB Leipzig 1-0 di pertandinga Liga Champions.

"Jota sudah pasti absen (di pertandingan Minggu)," kata manajer Arne Slot.

Meski tidak turun dengan skuad terbaik, Slot optimistis mempertahankan rekor kemenangan meski harus menghadapi lawan berat di kompetisi domestik.

"Kami harus bisa mengambil poin dari pesaing kami. Saat memulai kompetisi, kita tidak tahu siapa yang menjadi pesaing terberat kami. Tetapi semua tahu Arsenal adalah salah satunya. Jadi penting bagi kami meraih poin kemenangan saat melawan mereka," ujar Slot.

"Sederhana saja, bila Liverpool menang, peta di klasemen bakal berubah. Persoalannya sulit mengalahkan Arsenal di laga tandang kami. Begitu pua saat menghadapi Man City atau lainnya. Namun kami akan berusaha semaksimal mungkin di laga ini," ucapnya.

Slot pun tak banyak mengubah starting line up seperti saat mengalahkan Leipzig. Striker Darwin Nunez kembali menjadi starter menggantikan Jota. Dirinya mendapat dukungan dari Mohamed Salah, Dominik Szoboszlai dan Luis Diaz.

Sedangkan di tengah, Liverpool mengandalkan mobilitas Alexis Mac Allister dan Ryan Gravenberch sebagai penyeimbang irama permainan tim. Di belakang, kapten Virgil van Dijk bakal mengkoordinir sektor pertahana dan kiper Caoimhin Kelleher kembali berdiri di bawah mistar.

Prakiraan Susunan Pemain

Arsenal (4-3-3): Raya; Kiwior, White, Gabriel, Zinchenko; Merino, Partey, Rice; Saka, Havertz, Martinelli

Liverpool (4-2-3-1): Kelleher; Alexander-Arnold, Konate, Van Dijk, Robertson; Mac Allister, Gravenberch; Salah, Szoboszlai, Diaz; Nunez


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)