أنشرها:

JAKARTA - Arsenal hanya mampu bermain imbang tanpa gol saat menghadapi Atalanta di pertandingan pertama Liga Champions di Stadion Gewiss, Bergamo, Jumat, 2 September 2024 dini hari WIB. Kiper David Raya menjadi bintang setelah menggagalkan penalti Atalanta.

Arsenal yang kehilangan kapten Martin Odegaard karena mengalami cedera bermain apik saat melakoni laga tandang melawan juara Liga Europa. Mereka menciptakan peluang yang sesungguhnya bisa dikonversi menjadi gol.

Namun Arsenal kurang beruntung sehingga gagal membobol gawang Atalanta. Sebaliknya, The Gunners pun dinaungi keberuntungan saat Raya menggagalkan penalti Mateo Retegui di menit 51.

Penalti itu menjadi peluang terbaik Atalanta untuk memenangkan pertandingan. Namun tim asuhan Gian Piero Gasperini gagal melakukannya sehingga harus puas dengan satu poin di laga pertama Liga Champions.

Di laga itu, Arsenal mengambil inisiatif menyerang demi menekan pertahanan La Dea. Strategi bermain ofensif yang diterapkan manajer Mikel Arteta membuat Arsenal mendapat sejumlah peluang.

Pemain depan Bukayo Saka mendapat peluang terbaik lewat tendangan bebas di babak pertama. Hanya saja, eksekusi dia bisa digagalkan dengan baik oleh kiper Marco Carnesecchi.

Tak berhenti di situ, Carnesecchi kemudian memblok tendangan Thomas Partey yang menyambut bola rebound. Selanjutnya, sepakan Gabriel Martinelli masih melambung di atas mistar gawang.

Tuan rumah yang sempat tertekan akhirnya mendapat peluang mencetak gol di babak kedua. Berawal dari pelanggaran yang dilakukan Partey saat menjatuhkan Ederson. Setelah cukup lama meninjau insiden itu lewat VAR, wasit akhirnya menunjuk titik putih.

Retegui yang mengambil eksekusi gagal menuntaskannya. Kiper Raya berhasil membaca arah bola tendangan striker timnas Italia itu. Dia pun berhasil menggagalkannya.

Atalanta kembali mendapat peluang mencetak gol. Namun dua peluang dari Charles De Ketelaere gagal dikonversi menjadi gol. Tendangan dia melambung dan kesempatan kedua yang diperoleh De Ketelaere masih melebar. Skor imbang 0-0 bertahan sampai akhir laga.

"Ini pertandingan yang sungguh sulit. Namun kami juga membuat mereka kesulitan," kata Raya menanggapi pertandingan itu seperti dikutip france24.

"Meski demikian, kami cukup puas bisa meraih poin saat away di pertandingan pertama Liga Champions. Kami sesungguhnya bisa meraih hasil lebih baik. Namun bila Ada tak bisa menang, maka Anda jangan sampai kalah," ujar kiper timnas Spanyol ini yang mengaku beruntung berhasil menggagalkan penalti.

"Saya hanya beruntung karena bergerak ke arah yang tepat. Tetapi saya kurang beruntung karena bola rebound jatuh di kaki dia. Namun saya dengan cepat bangkit untuk melakukan penyelamatan. Fantastis karena kami bisa clean sheet," ucapnya.

Sementara, Atalanta tak menyalahkan Retegui yang gagal mengeksekusi penalti. Kiper Carnesecchi menuturkan Atalanta tetap puas bisa meraih poin di laga kandang.

"Kami mendukung Mateo. Dia tak perlu memikirkan atas kegagalan penalti itu," kata Carnesecchi.

"Dia pemain yang brilian dan sosok yang luar biasa. Kami pun senang bisa meraih poin saat menghadapi tim besar," ucapnya.

Arsenal sendiri langsung fokus di kompetisi Premier League Inggris usai meraih poin di laga away itu. Mereka menghadapi lawan berat berikutnya, Manchester City, di Stadion Etihad, akhir pekan ini. Man City yang berstatus juara bertahan Liga Inggris ini juga bermain imbang 0-0 saat menjamu Inter Milan di Liga Champions.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)