أنشرها:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, mengumumkan bahwa Indonesia resmi menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Senam 2025. Menurut Dito, kesempatan ini sekaligus menjadi momentum membuktikan bahwa Indonesia siap menyelenggarakan event kelas dunia.

Pada Kejuaraan Dunia Senam 2025 yang merupakan edisi ke-53, untuk pertama kalinya Federasi International Gymnastic (FIG) memercayakan Indonesia menjadi lokasi penyelenggaraan. Sebelumnya, turnamen tersebut digelar di Belgia pada 2023.

"Alhamdulillah, Indonesia ditunjuk secara resmi oleh FIG untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Senam 2025 yang akan dilaksanakan di Jakarta."

"Sebelumnya, tahun 2023 diselenggarakan di Belgia," kata Menpora Dito Ariotedjo dalam konferensi pers yang digelar di Media Center Kemenpora, Senayan, pada Selasa, 7 Mei 2024.

Pada kesempatan yang sama, Dito juga menjelaskan bahwa kepercayaan ini menjadi dampak positif untuk cabang olahraga senam di Tanah Air.

Ia memastikan pemerintah dan PB Persani selaku federasi senam di Indonesia akan menyiapkan secara matang agar Kejuaraan Dunia Senam 2025 berjalan lancar.

"Kami sangat antusias karena kami yakin dengan ditunjuknya Indonesia jadi tuan rumah pasti otomatis olahraga gymnastic akan lebih progresif dalam menyiapkan para atlet," tutur Dito.

"Ini juga mempromosikan bahwa Indonesia bisa menggelar event kelas dunia di segala cabor. Kami Kemenpora dan Persani akan mempersiapkan untuk menuju Kejuaraan Dunia Senam 2025," katanya.

Ketua Umum PB Persani, Ita Yuliati, yang hadir dalam konferensi pers itu juga menjelaskan secara detail soal Kejuaraan Dunia Senam 2025. Ajang ini akan berlangsung di Indonesia Arena pada 19-25 Oktober 2025.

Sebanyak 70 negara dan kurang lebih 500 peserta akan berlaga di Kejuaraan Dunia Senam 2025. Ia memastikan federasi juga tidak akan menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan menyiapkan atlet terbaik untuk berlaga.

"Ini suatu kebanggaan untuk Indonesia karena ini menjadi tuan rumah pertama untuk mengadakan Kejuaraan Dunia (Senam)."

"Ajang ini akan diadakan pada Oktober 2024 tanggal 19 sampai 25. Rencananya kami akan melaksanakannya di Indonesia Arena dan JCC," ujar Ita.

"Ini kesempatan luar biasa. Dari event ini, kami sangat berharap, semua stakeholder juga, jadi pemicu prestasi gymnastic ke depan. Kami juga mempersiapkan beberapa atlet yang akan tampil di Kejuaraan Dunia nanti," katanya.

Status Indonesia yang akan jadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Senam 2025 menjadi momentum untuk bangkit. Soalnya, Indonesia telah sukses mengirimkan satu atletnya ke Olimpiade Paris 2024, yakni Rifda Irfanaluthfi.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)