أنشرها:

JAKARTA - Kejutan di laga uji coba saat Spanyol harus mengakui keunggulan Kolombia 1-0 di Stadion London, Sabtu, 23 Maret 2024 dini hari WIB. Di laga itu, bek Barcelona Pau Cubarsi mematahkan rekor Sergio Ramos.

Hasil uji coba yang mengecewakan. Ini menjadi kekalahan pertama yang diderita Spanyol di tahun 2024. Namun ini juga menjadi kekalahan kedua La Roja selama ditangani Luis de la Fuente.

Di laga itu, De la Fuente memang merotasi pemain. Dirinya memberi kesempatan kepada pemain muda dan mereka yang sebelumnya lebih banyak duduk di bench.

Bek Cubarsi termasuk salah satu pemain muda yang melakukan debut di timnas Spanyol. Selain dia ada Dani Vivian yang turun sejak menit pertama.

Cubarsi merupakan alumni Piala Dunia U-17 2023 yang digelar di Indonesia. Cubarsi bersama Marc Guiu dan yang lain membawa Spanyol melaju sampai ke perempat final.

Hanya bek Barca ini tak butuh lama untuk langsung ke tim senior. Dirinya tak perlu melewati timnas U-19 maupun U-21 saat melakukan debut selama 10 menit terakhir di laga melawan Kolombia.

Cubarsi yang masuk menggantikan Aymeric Laporte di menit 83 menjadi pemain termuda yang menjadi debutan di timnas Spanyol.

Dengan usianya yang masih 17 dua bulan, dia mematahkan rekor Ramos. Mantan kapten yang tercatat paling banyak membela La Furia Roja ini dengan 180 cap ini melakukan debut pada usia 18 tahun 11 bulan.

Sayangnya debut Cubarsi berakhir dengan kekalahan. Satu-satunya gol di laga itu diciptakan Daniel Munoz di menit 61.

Berawal dari umpan James Rodriguez kepada Luis Diaz yang kemudian membawa bola di sisi kanan Spanyol.

Pemain depan Liverpool ini melepaskan umpan silang yang disambut dengan tendangan voli yang spektakuler dari Munoz. Aksi bek Crystal Palace ini sukses membobol gawang Spanyol. Skor 1-0 untuk Kolombia yang bertahan sampai akhir.

Kemenangan itu menjadikan Kolombia mencatat rekor tak terkalahkan selama 20 pertandingan terakhir. Ini termasuk kemenangan atas Jerman, Brasil dan Meksiko.

Hasil buruk itu membuat De la Fuente kecewa. Meski demikian, dia mengakui kekalahan ini memberi plajaran berharga bagi timnas sebelum berlaga di Euro 2024.

"Anda lebih banyak belajar dari kekalahan ketimbang saat menang," kata De la Fuente.

"Kami memang ingin menguji beberapa hal di laga itu. Terutama bagaimana performa pemain. Kami juga terus melakukan perbaikan," ucapnya.

De la Fuente pun tak segan memuji penampilan pemain debutan. "Mereka punya masa depan yang bagus. Kami harus memberi kesempatan lebih banyak bermain kepada mereka. Ini menambah pengalaman mereka," ujar dia.

Di laga uji coba berikutnya, Rabu, 27 Maret 2024 dini hari WIB, Spanyol menghadai Brasil. Laga digelar di kandang Real Madrid di Stadion Santiago Bernabeu.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)