أنشرها:

YOGYAKARTA - Lem korea menjadi benda andalan ketika ingin merekatkan barang-barang tertentu.

Lem ini sangat berguna ketika Anda ingin membuat suatu karya seni dan memperbaiki barang yang rusak.

Namun, Anda perlu teliti dan berhati-hati ketika menggunakan lem ini karena daya rekatnya sangat sensitif.

Di samping kekuatan rekatnya yang kuat, lem ini juga berisiko susah dibersihkan ketika menempel di tangan.

Tak jarang lem ini terkena di tangan ketika sedang mengelem sesuatu.

Jika sudah menempel di kulit, lem ini bisa sangat susah dihilangkan. 

Seringkali orang-orang langsung bingung ketika tangannya terkena lem korea yang kuat.

Ada beberapa cara menghilangkan rem korea di tangan yang bisa Anda terapkan jika mengalami kejadian ini. 

Cara Menghilangkan lem Korea di Tangan

Jika tidak tahu caranya, Anda akan kesulitan menghilangkan lem korea yang menempel di tangan. Cairan atau gel lem ini memang memiliki daya rekat yang kuat dan sulit dipisahkan. Berikut ini cara melepas lem korea yang menempel di tangan tanpa pusing:

Menggunakan Air Sabun

Jika lem korea yang melekat di tangan belum sepenuhnya kering, Anda dapat merendam tangan dalam air hangat yang telah dicampur sabun atau deterjen. Setelah merendamnya, gosok tangan Anda dengan gerakan melingkar untuk melepaskan lem dari kulit.

Apabila tempelan lem masih sulit dihilangkan, coba gunakan benda tipis namun tumpul untuk mengikis lem tersebut. Misalnya memakai alat perawatan kuku untuk memisahkan lem yang membuat jari Anda saling menempel atau lekat di benda lain. 

Memakai Mentega dan Minyak

Tips lain yang bisa Anda terapkan untuk menghilangkan lem korea di tangan adalah memakai mentega dan minyak. Anda bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk memisahkan jari yang saling menempel karena lem super. 

Cara menghilangkan lem korea pakai bahan ini pun cukup mudah dilakukan. Pertama, rendam tangan dalam air hangat terlebih dahulu. Kemudian gosokkan minyak atau mentega ke bagian tangan yang terkena lem, hingga lem tidak lagi membuat jari saling merekat.

Menggunakan Perasan Lemon

Asam dari perasan lemon juga efektif untuk membersihkan lem korea dari tangan. Cara ini cocok untuk area kecil yang terkena lem. Cara ini juga efektif buat memisahkan lem yang membuat kulit saling menempel.

Cara melakukannya yakni dengan menuangkan perasan lemon ke dalam mangkuk. Kemudian rendam tangan Anda di dalam air tersebut selama 5-10 menit. Setelah itu, gunakan sikat gigi atau cotton bud dengan perasan lemon untuk menggosok area kulit yang terkena lem. Kemudian gosok dengan handuk kering dan cuci tangan Anda.

Menggunakan Aseton

Metode lainnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas lem korea di tangan adalah dengan menggunakan aseton atau penghapus cat kuku. Aseton efektif melarutkan cairan atau gel lem korea yang menempel di tangan maupun benda lainnya. 

Untuk menggunakannya, bilas atau bersihkan permukaan kulit yang terkena lem terlebih dahulu. Kemudian tuangkan aseton ke dalam mangkuk dan rendam kulit sebentar. Tunggu sampai lem larut dan bisa dihilangkan dari kulit.

Aseton dapat bersifat toksik dan bisa mengeringkan serta mengiritasi kulit, sehingga sangat penting untuk membilas kulit setelah lem dihilangkan. Jika perlu, gunakan pelembab setelah menggunakan aseton. Hindari menggunakan aseton jika kulitmu sedang luka atau iritasi dan jangan memakainya di bagian dalam tubuh seperti mata, hidung, atau mulut.

Memakai Garam

Garam juga bisa dapat dimanfaatkan buat menghilangkan bekas lem Korea di tangan. Caranya mudah yakni tinggal menaburkan garam pada bagian tangan yang terkena lem. Kemudian gosok-gosokkan garam tersebut.

Setelah itu, rendam tangan yang sudah ditaburi garam tersebut ke dalam air.

Anda bisa melepaskan lem Korea di dalam air dengan cara menggosok tangan secara lembut.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan lem korea di tangan yang perlu Anda ketahui. Ketika tangan terkena lem korea, Anda jangan langsung panik dan hindari kebingungan.

Lakukan beberapa langkah di atas untuk menghilangkan lem korea di kulit tangan Anda.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI.

Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)