أنشرها:

BANJARMASIN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap potensi banjir pesisir (rob) di wilayah pesisir seluruh perairan di Kalimantan Selatan (Kalsel) mulai 22 sampai 30 Juni 2024.

“Adanya fase bulan purnama berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum. Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir rob berpotensi terjadi di pesisir wilayah Kalsel dalam sepekan,” kata Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarbaru BMKG Kalsel Shaa Imul Qadri di Banjarbaru, Sabtu.

Dia menyebutkan pasang air laut paling maksimum berpotensi terjadi di wilayah perairan muara Sungai Barito sekitar pukul 07.00-14.00 WITA dengan ketinggian maksimum 2,8 meter. Kemudian di perairan Kotabaru sekitar pukul 05.00-10.00 WITA dengan ketinggian maksimum 2,9 meter.

“Wilayah terdampak yaitu pesisir Barito Kuala, Banjar, Banjarmasin, Tanah Laut, Kotabaru, dan Tanah Bumbu,” ujarnya.

Shaa mengimbau masyarakat, khususnya di wilayah pesisir pantai, agar selalu waspada dan mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut dan fenomena banjir pesisir.

Menurut dia, potensi banjir rob ini akan berdampak terhadap terganggunya aktivitas keseharian masyarakat dan transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti kegiatan bongkar muat barang di pelabuhan, aktivitas di permukiman pesisir, hingga kegiatan perikanan di darat.

BMKG juga mengeluarkan peringatan terkait gelombang tinggi di wilayah perairan Kalsel dan sekitarnya yakni di Kalteng bagian timur dengan ketinggian gelombang air laut mencapai 2,5 meter.

Kemudian di Laut Jawa bagian timur perkiraan ketinggian gelombang air laut mencapai 2,5 meter. Lalu di Laut Jawa bagian tengah perkiraan ketinggian gelombang mencapai 2,5 meter, dan di perairan Kabupaten Kotabaru dengan ketinggian gelombang air laut mencapai 2,5 meter.

BMKG mengimbau masyarakat agar waspada u

ntuk aktivitas perahu nelayan, kapal tongkang, dan kapal feri terhadap potensi gelombang tinggi air laut yang keseluruhan mencapai hingga 2,5 meter, khususnya di perairan Kotabaru dan perairan Kalsel bagian selatan (Laut Jawa).


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)