أنشرها:

JAKARTA - Setelah meluncurkan Titan 2024 baru-baru ini, Nissan mengonfirmasi kembali bahwa mereka akan menghentikan produksi dari pikap tersebut pada musim panas tahun depan. Padahal, sebelumnya Nissan membantah akan menghentikan produksi Titan.

Yang berarti, Nissan Titan 2024 akan menjadi model terakhir dalam lini pikap Nissan di AS dengan pabrikan mengonfirmasi akan mengalihkan fokusnya pada perencanaan strategis mereka dalam menghadirkan kendaraan listrik (EV).

“Produksi Nissan Titan dijadwalkan berakhir musim panas 2024 di pabrik Kanton kami di Mississippi,” kata Nissan yang dikutip Carscoops, Jum'at, 4 Agustus.

Pihak pabrikan mengatakan, bahwa pabrik yang saat ini menjadi tempat perakitan Titan, Canton di Missisippi, AS, akan dialihkan untuk pengembangan kendaraan listrik di AS. Ini sejalan dengan perencanaan Nissan Ambition 2030, yang akan menghadirkan beberapa model terbaru bertenaga listrik pada akhir dekade ini.

"Ini akan mendukung produksi kendaraan listrik terbaru. Tidak akan ada pengurangan tenaga kerja karena tindakan ini," tegas Nissan.

Nissan Titan merupakan salah satu model yang mewakilkan pabrikan asal Jepang ini dalam segmen pikap truk, selain Navara atau Frontier. Diperkenalkan pada 2003, Titan dijadikan proyek ambisi Nissan untuk menjual model ini sebanyak 100.000 unit per tahun di AS.

Walaupun awal kehadirannya cukup positif dengan Nissan berhasil menjual hampir 87.000 unit Titan pada 2005, namun permintaan justru berkurang setelahnya. Penjualan menurun hingga 52.924 unit pada 2017 dan terperosok hingga 27.406 unit pada 2021 lalu.

Meskipun dilaporkan Nissan melakukan investasi 230 juta dolar AS untuk meningkatkan model 2019 dengan gaya serta mesin terbaru, ternyata Titan masih kalah saing dengan beberapa pikap truk dari para pesaing yang lebih kuat seperti Ford, Chevrolet, GMC, dan RAM.

Baru-baru ini, Nissan memperkenalkan pikap Titan 2024 yang telah ditingkatkan ketangguhannya serta kemampuannya dalam mengatasi berbagai medan.

Nissan Titan 2024 dibekali dengan mesin bensin V8 Endurance berkapasitas 5,6 liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 400 tenaga kuda dan torsi puncak 560 Nm sebagai standar.

Di pasar AS, Nissan Titan 2024 dijual dengan harga mulai dari 45.770 dolar AS atau sekitar Rp695,7 juta. Opsi penambahan paket Bronze Edition akan memerlukan tambahan biaya sekitar 2.980 dolar AS atau sekitar Rp45,3 juta.

Sementara untuk mereka yang menginginkan performa optimal dalam medan off-road, Titan XD dapat dimiliki dengan kisaran harga antara 51.930 hingga 65.840 dolar AS atau setara Rp789,4 juta hingga 1 miliar.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)