Minum Kopi Pagi Hari Sebelum Sarapan, Sehatkah?
Ilustrasi waktu minum kopi (Unsplash/Cassidy Dickens)

أنشرها:

JAKARTA – Kopi mengandung kafein yang dapat menghalau rasa kantuk. Jika minum kopi pagi hari sebelum sarapan, sehatkah? Saat perut kosong dan dihajar dengan kopi yang tak hanya berkafein tetapi juga mengandung asam, tentu ada risikonya.

Kopi berfaedah dalam merangsang kinerja otak. Otak jadi terstimulasi untuk bekerja lebih keras dalam mengingat. Ditambah lagi, kopi juga mampu membakar lemak, mencegah depresi dan menyehatkan jantung. Karena faedah tersebut, pertimbangkan dulu jika ingin minum kopi pagi hari sebelum sarapan.

Menurut Dr. Jamie Long, minum kopi dalam keadaan perut kosong justru efeknya lebih besar dibanding setelah mengisi perut dahulu. Minum kopi tanpa sarapan memperbesar perut mulas hingga bisul pada lambung. Belum lagi pengaruh hormon kortisol atau hormon stres yang meningkat karena kandungan kafein.

Hormon kortisol dapat membuat lebih waspada, memang kerja otak akan lebih lancar. Tetapi bisa menurunkan suasana hati. Paling parah, kafein dapat memicu anxiety dan mudah panik.

Kedua efek minum kopi pada pagi hari sebelum sarapan bisa dikenali gejalanya, antara lain tubuh gemetar, muka merah dan detak jantung berdegup lebih kencang.

Disamping berefek pada lambung dan kesehatan mental, minum kopi tanpa sarapan juga menyebabkan asam lambung naik. Meski asam lambung bermanfaat dalam proses pencernaan, namun sekaligus bersifat korosif.

Artinya, hindari minum kopi saat perut kosong sebab asam dapat merusak lapisan lambung. Sebisa mungkin, isi perut dahulu meskipun jenis kopi yang diseduh adalah decaf.

Dalam berbagai penelitian, minum kopi pagi tanpa melahap makanan pada terlebih dahulu tidak akan berefek baik. Apalagi dilakukan terus-menerus dan setiap hari. Alangkah baiknya, makanlah terlebih dahulu.

Jika tak ingin kantuk menyerang setelah bangun pagi, pilih makanan padat yang bernutrisi tetapi tidak tinggi kalori. Rekomendasi lainnya, dapat menyeduh kopi yang dicampur dengan susu. Bisa juga menambahkan mentega agar lebih creamy dan memberi nutrisi tubuh.

Kopi baiknya diminum pada saat yang tepat. Saran ahli, seseorang perlu mengenali ritme sirkadian guna mengenali saat tingkat hormon kortisol sedang rendah. Nah, minum kopi paling tepat adalah saat hormon stres sedang turun. Cara menghitungnya, dua jam setelah bangun tidur hindari minum kopi.

Karena dua jam setelah bangun tidur hormon kortisol dalam tubuh sedang tinggi-tingginya. Misal, jika bangun pagi hari pukul 06.00, maka kortisol akan meninggi pada pukul 08.00. Paling ideal, minum kopi antara pukul 09.30 sampai 11.30 dan 13.30 sampai sore hari pukul 17.00. 


The English, Chinese, Japanese, Arabic, French, and Spanish versions are automatically generated by the system. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)