China Open 2024: Fajar/Rian Tembus Perempat Final

JAKARTA – Pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dengan mudah mencapai babak perempat final China Open 2024.

Mantan nomor satu dunia itu melewati babak kedua turnamen setelah menang 21-15 dan 21-8 atas pasangan Denmark, Andreas Sondergaard/Jesper Toft, pada Kamis, 19 September 2024, malam WIB.

"Pada gim pertama kami masih meraba-raba permainan lawan seperti apa. Kondisi lapangan kami kalah angin, jadi agak berat dalam pukulan-pukulannya," ujar Fajar usai pertandingan.

Pada gim pertama, Fajar/Rian sempat kecolongan dua angka awal. Mereka lalu bangkit dengan empat poin beruntun dan memaksa laga ketat berjalan sampai kedudukan 14-14.

Selepas momen itu, Fajar/Rian pun langsung menjauh dengan tiga angka beruntun. Lawan sempat memutus perolehan angka tersebut, tetapi Fajar/Rian langsung kembali dengan empat angka berikutnya.

Pada gim kedua, Fajar/Rian mengawali permainan dengan baik. Mereka lalu dominan dan tercatat membuat dua perolehan poin beruntun yang sangat panjang setelahnya, masing-masing enam dan sembilan.

Pada babak perempat final, Jumat, 20 September 2024, Fajar/Rian akan bersua wakil Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Duel nanti akan menjadi bentrok kompetitif ke-12 mereka.

Dalam 11 bentrok sebelumnya, Fajar/Rian masih unggul rekor menang-kalah 7-4. Namun, dalam bentrok terbaru di Kejuaraan Asia tahun lalu yang berlangsung di Dubai, Fajar/Rian kalah.

"Pasangan yang sangat ulet dan memiliki defense yang sangat baik. Kami harus lebih waspada dan tidak terburu-buru dalam menyerang," ujar Fajar.

Fajar/Rian adalah wakil kelima sekaligus terakhir Indonesia yang memastikan diri mencapai babak perempat final turnamen berlevel Super 1000 BWF tersebut.

Empat wakil lainnya yang sudah lolos yakni Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, dan Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin.

Pada babak kedua turnamen ini, Indonesia sebenarnya punya enam wakil. Akan tetapi, pasangan Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana kalah sehingga tersingkir.