Bazar Fashion UMKM Hingga Edukasi Biji Kopi dari NTT
JAKARTA - Nusa Tenggara Timur (NTT) dikenal kaya akan budaya, alam, serta potensi sumber daya alam melimpah. Salah satu sektor yang mengalami perkembangan pesat di wilayah ini adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Berbagai produk lokal dari NTT kini mulai menarik perhatian pasar domestik dan internasional, terutama pada kekayaan alam dan warisan budaya. Dua contoh menonjol dari UMKM NTT adalah industri kopi dan fashion. Lewat proses kreatif dan inovasi, kedua sektor ini tak hanya mencerminkan potensi ekonomi lokal, tetapi juga memperkenalkan identitas NTT ke dunia.
Sebanyak 111 UMKM mitra binaan BUMN PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Jasa Raharja, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) dan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia /ITDC serta Pasar Digital UMKM (PaDi UMKM) yang mayoritas berasal dari kawasan Nusa Tenggara Timur (NTT) seperti dari Ende, Bajawa, Sabu Raijua dan Labuan Bajo menampilkan aneka ragam produk.
Produk yang ditampilkan dari kategori makanan dan minuman, fashion, craft (kriya) dan layanan tour & travel destinasi Labuan Bajo – NTT dalam edisi Bazar UMKM Untuk Indonesia bertema 'Pesona Timur Indonesia' di Gedung Sarinah Jakarta, tanggal 21-24 November 2024.
Baca juga:
Gelaran Pesona Timur Indonesia di Jakarta merupakan kelanjutan dari edisi sebelumnya yang sukses digelar di Marina Plaza Merourah Labuan Bajo tanggal 08-10 November 2024 sebagai unjuk karya anak bangsa di sektor kerajinan, fesyen dan makanan-minuman khas kawasan destinasi wisata unggulan Indonesia Timur.
Dikemas sebagai kegiatan inovatif dan kreatif yang berfokus pada pengembangan produk UMKM destinasi wisata, Bazar UMKM Pesona Timur Indonesia menghadirkan karya terkini para pelaku UMKM dengan khalayak sasaran utama para wisatawan domestik dan mancanegara untuk dapat memanfaatkan serta merasakan kebanggaan dengan ragam produk khas Indonesia timur.
Sebagai ajang unjuk kreativitas masyarakat destinasi wisata dalam mengolah sumber daya lokal menjadi produk bernilai jual, Bazar UMKM Pesona Timur Indonesia yang berlangsung 4 hari di Gedung Sarinah Jakarta menampilkan ragam kegiatan pendukung pameran seperti Demo Produk oleh UMKM Binaan BUMN, Workshop tentang “Rug Tufting”, penampilan musik Sasando, Band Melodius dan Adellia Michelle, peragaan busana oleh Komunitas Etnik Nusantara dan penampilan bintang tamu Yura Yunita.
Secara khusus Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) mengadakan rangkaian kegiatan atraktif inovatif dengan Workshop “Latte Art”, Talkshow & Coaching "Coffee Culture Around the World" dan Manual Brew Competition.
Rangkaian kegiatan yang berfokus edukasi mengenai industri kopi dari komoditi biji kopi dan olahan lokal yang disesuaikan dengan perkembangan pasar hingga menjadikan kopi tidak hanya kebutuhan beverages, melainkan juga gaya hidup yang juga menampilkan mentor Ryan Wibawa – World Brewers Cup 3rd 2024.
Selain menjadi ajang kompetisi juga memperkenalkan cerita kopi Indonesia, mulai dari teknis penyeduhan hingga wawasan mengenai jenis biji kopi nusantara.
“Kami berharap masyarakat Indonesia semakin bangga menggunakan produk lokal untuk mendukung daya saing UMKM Indonesia dan dapat menumbuhkan antusiasme masyarakat terhadap produk UMKM," ujar tutur Alois Wisnu Hardana, Corporate Secretary PT PLN (Persero), saat ditemui Sarinah, Jakarta pada Jumat, 22 November 2024.
"Sehingga sinergi antara Kementerian BUMN dan perusahaan BUMN sangat penting untuk mendukung pembinaan serta pengembangan UMKM. Semoga kolaborasi ini terus berlanjut untuk membawa UMKM Indonesia Go Digital dan Go Global.” lanjutnya
Kegiatan Pesona Timur Indonesia ini di inisiasi oleh Kementerian BUMN dan merupakan bagian penting dari implementasi program strategis mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya di sektor UMKM dan pariwisata di kawasan timur Indonesia, yang berjalan selaras dengan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI/BBWI).