Petugas Pemadam Gunakan APD saat Evakuasi Sarang Tawon Vespa

JAKARTA - Petugas Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Sektor Duren Sawit, Jakarta Timur mengevakuasi sarang tawon yang menempel di sela atas plafon rumah warga di Jalan Kampung Malaka, Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Sarang tawon tersebut dievakuasi karena dikhawatirkan membahayakan keselamatan warga. Pasalnya, warga sekitar sudah banyak yang menjadi korban akibat sengatan tawon tersebut.

Meski berukuran kecil, evakuasi sarang tawon itu membutuhkan keahlian ekstra. Petugas terpaksa harus menggunakan tangga dan sangat berhati-hati ketika mengevakuasi sarang tawon.

Petugas juga melakukan evakuasi dengan alat pelindung diri (APD) lengkap agar terhindar dari risiko sengatan tawon.

"Jadi tadi kami dapat laporan langsung. Kami mengevakuasi sarang tawon yang dimana posisinya di atas atap rumah, jenis tawonnya ini jenis vespa sangat berbahaya," kata Kepala Regu Tim Rescue Gulkarmat Sektor Duren Sawit, Hendra kepada wartawan, Jumat, 25 Oktober.

Ketika proses evakuasi dilakukan, petugas pun harus mengenakan pakaian yang tebal dan tertutup rapih hingga bagian wajah pun tertutup.

"Alhamdulillah evakuasi berjalan lancar, tidak ada kendala. Anggota kami selamat, tidak ada insiden sedikit pun," ujarnya.

Keberadaan sarang tawon berdiameter 40 cm dalam atap rumah kosong di pemukiman padat ini membuat khawatir warga di sekitarnya.

"Diameternya tadi kurang lebih 40 sentimeter. Kendalanya, akses jalan sangat sulit. Kami menggunakan tangga dulu menuju titik tawonnya," katanya.

Proses evakuasi ini dilakukan oleh 4 personel petugas Damkar dari Sektor Duren Sawit, Jakarta Timur.