Sherly Tjoanda Siap Gantikan Mendiang  Suami Benny Laos Jadi Calon Gubernur Maluku Utara

JAKARTA - Sherly Tjoanda mengaku dirinya siap menjadi calon Gubernur Maluku Utara menggantikan suaminya, Benny Laos yang meninggal dunia dalam insiden kebakaran kapal.

Hal ini diungkapkan Sherly saat ditemui Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang menyampaikan belasungkawa secara langsung. Surya meminta Sherly untuk mempertimbangkan melanjutkan pencalonan Benny Laos dalam Pilkada 2024.

"Saya minta Ibu berpikir untuk tetap meneruskan perjuangan jika memang merasa tepat, begitu juga keluarga merasa tepat, bahwa Ibu yang menggantikan almarhum Benny," kata Surya, Selasa, 15 Oktober.

Menanggapi tawaran tersebut, Sherly dengan tegas menyatakan kesiapannya. "Saya siap melanjutkannya, Pak Surya Paloh. Mohon dukungannya," jawab Sherly.

Dalam perbincangan itu Surya mengungkapkan rasa duka citanya dan menghargai dukungan Sherly terhadap mendiang suaminya selama ini.

"Saya berharap Ibu bisa mengikhlaskan kepergian Benny, dan saya menghargai apa yang Ibu lakukan selama ini mendampingi almarhum," ungkap Surya

Delapan partai politik (parpol) pengusung pasangan calon Gubernur/wakil Gubernur Maluku Utara (Malut) Benny Laos-Sarbin Sehe sebelumnya menyepakati Sherly Tjoanda menggantikan Benny sebagai calon gubernur Malut.

Kedelapan pengurus pusat yang telah menggelar pertemuan untuk menerima usulan Sherly Tjoanda sebagai pengganti Benny Laos diikuti elite DPP Partai Nasdem, PKB, Demokrat, PAN, PPP, Gelora PSI dan Partai Buruh.

Peristiwa tragis yang merenggut nyawa Benny Laos terjadi pada 12 Oktober 2024, ketika speedboat yang mereka tumpangi terbakar saat mengisi bahan bakar di Pelabuhan Regional Bobong, Kabupaten Pulau Taliabu. Benny Laos meninggal dunia di RSUD Bobong, sementara Sherly selamat dalam insiden tersebut.

Benny Laos sebelumnya menjabat sebagai Bupati Morotai (2017-2022) dan merupakan salah satu tokoh populer di Maluku Utara.