Renovasi Stadion Maguwoharjo Dikebut Rampung Desember 2024

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui tengah menyelesaikan rehabilitasi dan renovasi Stadion Maguwoharjo di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan, saat ini progres pekerjaan telah mencapai 79 persen dan ditargetkan akan selesai pada 15 Desember 2024.

"Pekerjaan ini dimulai pada 27 Desember 2023 dan ditargetkan selesai pada 15 Desember 2024," ujar Diana dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 9 Oktober.

Adapun lingkup pekerjaan renovasi Stadion Maguwoharjo meliputi pekerjaan struktur, yakni perkuatan kolom dengan metode jacketing, pekerjaan arsitektur yakni penambahan kursi single seat, penggantian rumput lapangan serta pembuatan tribun difabel. Rencananya, stadion ini memiliki kapasitas 20.595 kursi.

Kemudian pekerjaan mekanikal, elektrikal dan plumbing (MEP) meliputi penggantian lampu field of play (FOP), penambahan sistem fire alarm dan sprinkler untuk pemadam kebakaran. Untuk pekerjaan lansekap meliputi pekerjaan rumput lapangan, pembuatan fasad utama sisi timur dan penambahan pagar.

Proyek dengan nilai anggaran mencapai Rp108 miliar ini dikerjakan oleh PT Karuniaguna Intisemesta dengan konsultan PT Amsecon Berlian Sejahtera KSO PT Multi Citra Graha.

Diana pun meminta agar pekerjaan renovasi stadion ini dapat dipercepat dengan tetap memperhatikan aspek kualitas, estetika dan keberlanjutan lingkungan.

Di samping itu, Diana berpesan kepada Pemerintah Kabupaten Sleman agar melakukan kerja sama dengan Liga untuk pengelolaan stadion.

"Dari serah terima, mohon ada kerja sama dengan liga atau klub untuk pengelolaannya supaya tidak memberatkan anggaran daerah," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Susmiarto berharap, renovasi Stadion Maguwoharjo dapat dipercepat. Sehingga, PSS Sleman bisa segera kembali bermain di stadion kebanggaannya tanpa harus berlaga di Solo.

"Jadi, penonton tidak perlu repot keluar daerah dan bisa menikmati pertandingan di stadion ini," ungkapnya.