3 Latihan Sederhana untuk Mengecilkan Otot Betis dan Membuatnya Tampak Jenjang

JAKARTA - Lemak pada betis yang menumpuk dapat memengaruhi bahkan mengganggu penampilan fisik seseorang. Namun, tak perlu khawatir karena ternyata ada beberapa latihan yang bisa dilakukan untuk mengurangi lemak pada betis.

Dilansir dari WebMD, latihan-latihan tersebut sederhana dan sangat mudah dilakukan oleh siapa saja. Berikut tiga latihan fisik untuk membuat otot betis jadi tampak jenjang. 

1. Melakukan peregangan otot kaki

Peregangan otot kaki merupakan cara paling sederhana yang bisa dilakukan untuk mengecilkan ukuran betis. Latihan ini bisa dilakukan setiap hari dan melakukannya cukup mudah, yakni berdiri tegak, atur posisi kaki dengan kaki kanan di belakang kaki kiri.

Tekuk kaki kiri ke depan dan jaga lutut kanan Anda tetap lurus dan tumitnya menyentuh lantai. Jaga punggung tetap lurus dan pinggul condong ke depan.

Tahan posisi ini selama 30 detik hingga otot betis terasa mengencang. Untuk memperoleh hasil lebih maksimal dengan latihan ini, tekuk kedua kaki secara bersamaan dan ganti posisi kaki secara berulang.

2. Menggunakan sepeda statis

Sepeda statis dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran betis. Pada saat menggunakan sepeda statis bagian kaki akan banyak bekerja sehingga dapat menurunkan lemak bagian kaki, termasuk pada betis.

Selain membantu mengecilkan betis, rutin menggunakan sepeda statis juga bagus untuk kesehatan jantung. Olahraga ini juga sangat mudah dan dapat dilakukan di dalam ruangan.

3. Melakukan HIIT

High intensity interval training (HIIT) sangat baik untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, setiap gerakan HIIT menargetkan semua anggota tubuh sehingga menjadi salah satu pilihan bagus untuk mengecilkan ukuran betis.

Beberapa gerakan HIIT yang bisa dilakukan untuk bantu mengecilkan betis adalah squat, lompat tali, seal jump, hingga one leg wall sit. Gerakan-gerakan tersebut fokus pada bagian bawah tubuh sehingga dapat memperkuat dan mengencangkan betis.