Presiden Jokowi Hadir dalam Pembukaan Peparnas 2024

JAKARTA – Presiden Joko Widodo memastikan akan menghadari upacara pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024 akhir pekan nanti.

Peparnas XVII 2024 akan secara resmi dibuka pada Minggu, 6 Oktober 2024, di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, memastikan bahwa Presiden Joko Widodo telah mengonfirmasi bakal hadir dalam acara itu.

"Bapak Presiden memberikan arahan akan menghadiri pembukaan," ujar Dito di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, pada Rabu, 2 Oktober 2024, siang WIB.

Dito mengaku dirinya telah berkoordinasi langsung dengan Joko Widodo terkait kehadirannya baik di pembukaan maupun penutupan.

"Arahan sementara adalah dia hadir di pembukaan," ujar dia.

Penyelenggara dilaporkan sudah menyiapkan sebanyak sembilan ribu tiket untuk masyarakat yang ingin hadir dan menonton langsung acara pembukaan tersebut.

Tiket-tiket tersebut bisa didapatkan secara gratis jika masyarakat berhasil menjawab kuis yang ada di laman resmi Peparnas XVII 2024.

Sebelumnya, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sudah mengucurkan dana sebesar Rp290 miliar untuk penyelenggaraan ajang penting di level nasional itu.

Total sebanyak Rp275 miliar dari jumlah itu akan digunakan untuk penyelenggaraan dan sisanya sekitar Rp14 miliar lebih untuk peralatan.

Ada sebanyak 20 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Peparnas 2024. Sebanyak 3.049 atlet dan 1.576 ofisial yang akan mewakili 34 kontingen hadir di ajang itu.