Puan Maharani Resmi Jadi Ketua DPR Lagi

JAKARTA - Rapat Paripurna ke-2 masa sidang I Tahun 2024-2029 menyepakati lima pimpinan DPR yang baru. Mereka sepakat anggota DPR dari Fraksi PDIP Puan Maharani sebagai Ketua DPR.

Sementara empat posisi Wakil Ketua DPR RI diduduki Anggota Fraksi Golkar Adies Kadir, Anggota Fraksi Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Anggota Fraksi NasDem Saan Mustopa dan Anggota Fraksi PKB Cucun Syamsurijal. 

"Sesuai dengan hasil rapat konsultasi pimpinan sementara DPR dan perwakilan partai politik tanggal 1 Oktober 2024. Bahwa pimpinan DPR adalah, satu, Puan Maharani dari Fraksi PDIP sebagai Ketua DPR RI. Dua, saudara Adies Kadir dari Fraksi Partai Golkar sebagai Wakil Ketua DPR RI. Tiga, Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Partai Gerindra sebagai Wakil Ketua DPR RI. Empat, saudara Saan Mustopa dari Fraksi NasDem sebagai Wakil Ketua DPR RI. Lima, saudara Cucun Ahmad Syamsurijal dari Fraksi PKB sebagai Wakil Ketua DPR RI," ujar Ketua DPR sementara Guntur Sasono sebagai pimpinan rapat paripurna, Selasa, 1 Oktober. 

Setelah membacakan nama-nama tersebut, Guntur lantas meminta persetujuan seluruh anggota dewan yang hadir. 

"Apakah disetujui, dan ditetapkan sebagai ketua dan wakil ketua DPR RI masa keanggotaan 2024-2029. Saya minta pendapatnya? Setuju?," tanya Guntur diikuti seruan kata setuju sembari mengetuk palu persetujuan. 

Menurut catatan dari Sekretariat Jenderal DPR, daftar hadir pada permulaan rapat paripurna DPR hari ini telah ditandatangani oleh 383 dari 579 anggota DPR RI dan dihadiri oleh anggota seluruh partai yang ada di DPR dengan rincian Fraksi PDIP hadir 97 dari 109 anggota, Fraksi Partai Golkar hadir 57 dari 102 anggota.

Fraksi Partai Gerindra hadir 65 dari 86 anggota, Fraksi Partai NasDem hadir 37 dari 69 anggota, Fraksi PKB hadir 29 dari 68 anggota, Fraksi PKS hadir 46 dari 53 anggota.  Fraksi Partai Demokrat hadir 20 dari 44 anggota, dan Fraksi PAN hadir 40 dari 48 anggota.