BTN Raih Penghargaan IDEAWARD 2024, Pengakuan Penerapan Prinsip Berbasis ESG

JAKARTA - BTN kembali menerima penghargaan. Kali ini dari IDEAWARD 2024 dalam kategori Kreatif untuk Keberlanjutan dan Kreativitas Lingkungan. Penghargaan tersebut diberikan di Assembly Hall Jakarta Convention Center, Jumat, 27 September 2024. BTN menjadi salah satu bank di antara para peraih penghargaan IDEAWARD 2024, yang merupakan ajang penghargaan untuk instansi dan individu yang memberikan kontribusi signifikan terhadap kreativitas dan inovasi di Indonesia.

“BTN sangat mengapresiasi penghargaan ini. Kami menyadari bahwa dengan pengakuan yang terus-menerus terhadap langkah transformasi kami di bidang ESG, perseroan telah menjadi bank yang terdepan dalam memberikan dampak terhadap lingkungan dan masyarakat. Kami akan terus berupaya agar kreativitas ini terus berlanjut terutama demi keberlanjutan bisnis dan lingkungan," ujar Corporate Secretary BTN Ramon Armando dalam siaran pers yang diterima redaksi VOI, Minggu, 29 September 2024.

Sejumlah langkah signifikan juga telah diambil BTN dalam penerapan prinsip keberlanjutan, baik secara internal maupun di level masyarakat. Beberapa upaya yang dilakukan secara internal terkait ESG yakni mengurangi penggunaan kertas hingga 78 juta lembar dan meningkatkan penggunaan aplikasi digital. Dengan langkah tersebut, perseroan telah mampu menyelamatkan 9.822 pohon sehingga cukup memangkas konsumsi karbon dalam operasional bisnisnya.

BTN telah memulai produk dan layanan berkelanjutan, sebagai contoh kredit berbasis ESG (ESG-based corporate loans) yang penyalurannya telah mencapai Rp3,36 triliun, serta Rumah Rendah Emisi yang programnya telah dimulai belum lama ini bersama dengan mitra pengembang dan produsen material bangunan yang ramah lingkungan.

Di ranah sosial, BTN juga menjadi yang terdepan dalam menciptakan tempat kerja yang setara, suportif, dan memberdayakan, termasuk kepada karyawan perempuan dan karyawan dengan disabilitas. Tidak hanya itu, BTN turut menerapkan tata kelola yang baik, terintegrasi dalam manajemen risiko perseroan.