Usai EQS, Mercedes-Benz Berencana Hentikan Produksi GLC Coupe dan GLE Coupe

JAKARTA - Mercedes-Benz merupakan salah satu pabrikan yang dirumorkan akan menghentikan beberapa model di masa depan. Setelah dikonfirmasi akan mengakhiri era EQS, kini merek dari Jerman tersebut segera menghentikan dua model coupe-SUV bermesin ICE, GLC Coupe dan GLE Coupe.

Mengutip Motor1, Jumat, 27 September, brand ternama ini memiliki beberapa opsi, seperti menghentikan GLC Coupe dan GLE Coupe sepenuhnya demi memangkas jumlah produksi atau keduanya akan digabungkan menjadi satu model.

Langkah yang diambil oleh perusahaan cukup masuk akal mengingat Mercedes-Benz ingin menyederhanakan lini jajaran modelnya di masa depan. Sebelumnya, mereka menghentikan model C-Class Coupe, E-Class Coupe, dan CLS pada 2023 lalu dengan memperkenalkan CLE Coupe sebagai penggantinya.

Selain itu, merek otomotif premium ini juga menghentikan model A-Class pada tahun 2022 lalu demi memberi jalan bagi model terbaru, CLA Coupe.

Di tengah rumor tersebut, Mercedes-Benz dilaporkan akan meluncurkan GLC terbaru pada 2026 mendatang. Namun, masih belum dijelaskan apakah model ini akan mempertahankan gaya coupe yang melandai atau seperti SUV pada umumnya.

Kemungkinan GLC terbaru akan memakai powertrain yang diperbarui dengan penggerak plug-in hybrid (PHEV) dengan memberikan daya jelajah hingga 81 mil atau 130 km dengan tenaga listrik murni.

PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia, sebagai agen tunggal pemegang merek (ATPM) Mercedes-Benz di tanah air juga masih menyediakan unit GLC Coupe dan GLE Coupe.

Model GLC versi coupe hadir dengan varian 300 4Matic AMG Line Coupe untuk pasar Indonesia dengan tampilan dan performa yang sporty. Berbekal mesin 4-silinder segaris 2,0 liter, SUV tersebut memiliki tenaga mencapai 258 dk dan torsi puncak 400 Nm digabungkan transmisi 9G-Tronic automatic.

Dengan mesin tersebut, GLC Coupe mampu mengebut dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 6,3 detik dengan kecepatan tertinggi mencapai 246 km/jam.

Sementara itu, model GLE Coupe hadir dengan tipe 450 4Matic AMG Line yang memiliki mesin 6-silinder segaris 3,0 liter dengan memberikan tenaga 381 dk dan torsi maksimal 500 Nm dibantu transmisi 9G-Tronic automatic.

Mesin tersebut sanggup membuat GLE Coupe berlari dari 0 ke 100 km/jam dalam 5,6 detik dan dapat mencapai top speed hingga 250 km/jam.

PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia menjual GLC Coupe senilai Rp1,780 miliar dan GLE Coupe yang dilego Rp2,475 miliar.