Jokowi Mendarat Perdana di Bandara VVIP IKN: Runwaynya Mulus, Semuanya Lancar

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan pendaratan perdana di Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada Selasa, 24 September 2024. Jokowi bilang, pendaratannya berjalan dengan lancar.

"Kemarin, kami sudah melakukan pendaratan yang pertama setelah beberapa kali dicoba. Begitu turun, ya, runwaynya mulus, semuanya lancar," ujar Jokowi saat meresmikan Groundbreaking Teras Hutan by Plataran Indonesia di IKN seperti dilihat di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 25 September.

Jokowi mengaku, sebelum melakukan pendaratan perdana di IKN, dia sempat bertanya kepada Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terkait kesiapan bandara.

"Kemarin saya tanyakan ke Menhub (Budi Karya) benar aman, aman benar, betul aman. Oke, saya landing di Nusantara Airport," katanya.

Namun demikian, kata Jokowi, terminal hingga landasan pacu atau runway Bandara VVIP IKN baru akan rampung semuanya pada Desember 2024 mendatang. Dengan demikian, nantinya pesawat yang berbadan besar bisa melakukan pendaratan di sana.

"Nanti akhir Desember (2024) akan selesai semuanya, baik terminalnya, runwaynya betul-betul sudah berada di panjang 3.000 meter. Sehingga, pesawat berbadan lebar bisa turun di IKN," ucap Presiden.

Apabila telah rampung semuanya, Jokowi berharap, penerbangan ke IKN akan semakin banyak nantinya.

"Kami harapkan semakin banyak traffic, semakin banyak lalu lintas menuju dan ke IKN. Ini akan memberikan ekosistem keramaian yang bagus pada ibu kota yang kami cintai ini," imbuhnya.