Nike Gugat Satan Shoes Hasil Kolaborasi MSCHF dan Lil Nas X

JAKARTA - Brand fesyen olahraga Nike menggugat perusahaan MSCHF yang baru meluncurkan kolaborasinya dengan rapper Lil Nas X pada Senin, 29 Maret di New York.

Kolaborasi bernama Satan Shoes itu menggunakan sepatu Nike Air Max 97s yang didesain ulang tanpa persetujuan Nike. Menurut New York Times, label MSCHF juga menggunakan darah asli enam karyawan MSCHF bercampur dengan tinta untuk ditaruh di bagian sol.

Nike meminta pengadilan menghentikan MSCHF untuk menjual sepatu tersebut karena melanggar kekayaan intelektual.

Satan Shoes adalah kolaborasi MSCHF dan Lil Nas X dalam rangka perilisan lagu MONTERO (Call Me By Your Name). Sepatunya memiliki kaitan dengan video musik MONTERO yang bertemakan setan di mana Lil Nas X menari di depan setan.

Sepatu berwarna hitam ini memiliki sedikit warna merah di bagian sol dan terdapat ayat Alkitab Lukas 10:18 di bagian sepatu. Banyak diminati, sepatu ini terjual sebanyak 666 pasang dalam waktu satu menit.

Lil Nas X tidak masuk ke dalam daftar tergugat, namun dia membagikan beberapa meme di media sosial setelah laporan Nike. "Saya setelah gugatan Nike" dengan video karakter Squidward dari SpongeBob Squarepants yang meminta uang di tengah jalan.