LSI Sebut Elektabilitas Saepul Bahri Binzein Unggul di Purwakarta, Terkerek Faktor Dedi Mulyadi

JAKARTA - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network Denny JA menerbitkan hasil survei terbaru terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Hasilnya, Saepul Bahri Binzein unggul dari bakal calon bupati lainnya.

"Dari survei tiga bulan sebelumnya (Juni 2024), Om Zein yang masih 27,7 persen di bawah Anne Ratna Mustika dengan 32,7 persen kini melesat ke posisi 46,1 persen. Sementara, Anne Ratna yang sebelumnya memimpin mengalami terjun bebas ke posisi 29,3 persen," ujar Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI, Toto Izul Fatah dalam keterangannya, Rabu, 11 September.

Dalam simulasi pasangan, Saepul Bahri Binzein-Abang Ijo Hapidin juga disebut memiliki eletabilitas yang tinggi. Bahkan, perbedaan persentasenya cukup jauh dengan pasangan lainnya.

Dirincikan, Saepul Bahri Binzein-Abang Ijo Hapidin mendapat 53,4 persen. Kemudian, Anne Ratna Mustika-Budi Hermawan 25,2 persen, Yadi Rusmayadi-Pipin Sopian 15,2 persen, dan Zainal Arifin-Sona Maulida 4,1 pesen.

“Dari data terbaru LSI Denny JA itu, saya harus sampaikan, jika tak ada tsunami politik, pasangan Om Zein-Abang Ijo yang potensial memenangkan kontestasi pada Pilkada Purwakarta November mendatang,” sebutnya.

"Duet Om Zein-Abang Ijo ini sangat besar karena memiliki tren naik dari survei sebelumnya. Sebaliknya, kompetitor utamanya, pasangan Anne Ratna-Budi Hermawan punya tren menurun," sambung Toto.

Menurutnya, peningkatan elektabilitas Saepul Bahri Binzein-Abang Ijo Hapidin dikarenakan adanya tiga faktor yang mempengaruhinya.

Pertama, ada pergerakan masif yang dilakukan pasangan Saepul Bahri Binzein-Abang Ijo Hapidin melaui program yang menyentuh masyarakat.

Kemudian, faktor figur Saepul Bahri Binzein yang dipersepsikan sebagai individu sederhana, peduli dan merakyat. Terakhir, ada faktor pengaruh dukungan dari Dedi Mulyadi.

Faktor dukungan dari Dedi Mulyadi yang disebut paling signifikan. Sebab, sosoknya masih dianggap sebagai figur legendaris di Purwakarta.

"Sulit untuk dibantah bahwa dukungan total kang Dedi Mulyadi kepada Om Zein itu sangat berpengaruh. Apalagi, seperti tergambar dari aneka atribut ruang publik, kang Dedi selalu tampil di belakang Om Zein. Belum lagi lewat sosialisasi yang dilakukan langsung kang DM,” kata Toto.

Adapun, survei dilakukan mulai 3 hingga 7 September 2024 dengan menggunakan metode standar multistage random sampling. Jumlah responden 440 melalui wawancara tatap muka dengan margin of error 4,8 persen.