Google Akan Perbarui Tampilan Halaman Web di Aplikasinya

JAKARTA – Pada Juni lalu, pengamat aplikasi terkenal di komunitas Chrome mengatakan bahwa Google sedang mengembangkan fitur baru di bagian bawah penjelajahan web. Fitur ini akhirnya ditemukan di versi beta.

Ditemukan oleh Android Authority, pembongkaran aplikasi Google dalam versi 15.34.32.28 mengungkapkan bahwa browser bawaan di aplikasi tersebut akan memiliki tiga variasi tombol dengan fungsi yang berbeda. Tombol ini akan diluncurkan secara default.

Ada tiga tampilan yang sedang Google uji saat ini. Di tampilan pertama, tombol Simpan, Wawasan Halaman, dan Bagikan akan ditempatkan secara berurutan dari kiri ke kanan. Namun, di tampilan pengujian kedua, Google memisahkan tombolnya ke dua sisi.

Tombol Wawasan Halaman ditempatkan di sisi kiri bawah layar, sedangkan tombol Simpan dan Bagikan ditempatkan di sisi kanan. Pada tampilan uji coba ketiga, Google hanya menggunakan dua tombol dan menghilangkan tombol Wawasan Halaman.

Dilihat dari tiga tampilan yang sedang diuji ini, Google sudah pasti akan memasukkan fitur untuk menyimpan atau membagikan situs web yang dilihat dari aplikasi Google. Perusahaan itu masih mempertimbangkan penggunaan fitur Wawasan Halaman.

Pengujian tiga tampilan dengan posisi dan tombol fitur yang berbeda ini menunjukkan bahwa Google masih jauh dari tahap penyelesaian desain akhir. Perusahaan itu akan menerima masukan dari pengembang di versi beta sebelum menentukan desain akhirnya.

Tampilan baru ini sudah pasti akan diluncurkan ke aplikasi seluler Google untuk perangkat Android. Belum bisa dipastikan apakah desain terbaru dari browser bawaan aplikasi Google ini akan diluncurkan ke perangkat iOS.