Suzuki Resmi Jual V-Strom 250 SX di Negeri Jiran, Harganya Lebih Mahal dari Indonesia

JAKARTA - Suzuki kini secara resmi menjual sepeda motor bergaya adventure V-Strom 250 SX untuk pasar Malaysia. Model ini akan menjadi kompetitor langsung dari Kawasaki Versys-X 250 dan Honda CRF250 Rally.

Dilansir dari Paultan, Senin, 12 Agustus, motor ini dibanderol dengan harga 17.800 ringgit (Rp63,9 jutaan). Harga tersebut belum termasuk pajak jalan raya, asuransi, atau registrasi. Pabrikan menghadirkannya dalam opsi tiga warna, yakni Oranye, Kuning, dan Hitam.

Motor ini didesain untuk perjalanan di jalan raya maupun off-road. Suzuki V-Strom 250 SX memiliki pelek 19 inci yang dibungkus ban 100/90 di depan dan pelek 17 inci dengan ban 140/70 pada bagian belakang.

Untuk mendukung pengendaliannya, pabrikan berlogo ‘S’ ini menggunakan suspensi garpu teleskopik non-adjustable di depan dan monoshock preload-adjustable di bagian belakang.

Dengan penyetelan suspensi tersebut, motor ini memiliki ground clearance hingga 205 mm. Sementara itu, ketinggian tempat duduk diatur pada 835 mm sehingga dapat mendukung bagi pengendara yang memiliki postur pendek.

Suzuki V-Strom 250 SX memiliki bobot hingga 167 kg dengan menyediakan tangki BBM berkapasitas 12 liter.

Sementara, sistem pengeremannya didukung dengan cakram hidrolik tunggal pada bagian depan dan belakang serta anti-lock braking system (ABS) dual-channel sebagai perlengkapan standar.

Motor bertubuh tangguh ini dibekali dengan sejumlah perlengkapan standar lainnya, seperti lampu LED pada lampu depan dan belakang, port pengisian daya USB, panel instrumen digital, pelindung tangan, pelat selip, dan rak belakang, sedangkan bagasi touring merupakan tambahan opsional.

Suzuki V-Strom 250 SX memiliki mesin tangguh silinder tunggal SOHC berpendingin cairan 249 cc yang mampu menyalurkan tenaga 26,5 ps pada 9.300 rpm dan torsi 22,2 Nm pada 7.300 rpm.

Motor tersebut juga dijual di pasar Indonesia dengan harga mencapai Rp59,5 juta On The Road DKI Jakarta atau lebih murah daripada yang dijual di negeri jiran.