Kementerian PUPR Sebut Bakal Ada Groundbreaking di IKN Pertengahan Agustus

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut, kegiatan peletakan batu pertama atau groundbreaking berikutnya akan dilakukan pada pertengahan Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

"Kalau groundbreaking nanti mudah-mudahan di periode berikutnya presiden datang. Mudah-mudahan pertengahan Agustus ada groundbreaking di situ," ujar Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja kepada wartawan, dikutip Kamis, 1 Agustus.

Endra berharap, agar groundbreaking tersebut dapat terlaksana sebelum Upacara HUT Kemerdekaan RI di IKN pada 17 Agustus mendatang.

"Mudah-mudahan sebelum Upacara HUT RI, nanti kami jadwalkan apakah Presiden (Jokowi) berkenan atau tidak, tapi secara kesiapan investornya ada," katanya.

Menurutnya, kemungkinan groundbreaking yang direncanakan pada pertengahan Agustus di IKN itu masih berasal dari investor dalam negeri.

"Masih dari dalam negeri, ini kami utamakan yang dalam negeri terlebih dahulu," ucapnya.

Sebelumnya, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono mengatakan, ada sembilan perusahaan yang siap berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN). Adapun nilai investasi mencapai Rp45 triliun.

Tak hanya dari Indonesia, Agung menyebut sembilan perusahaan itu mencakup perseroan yang berasal dari tiga negara asing, seperti Malaysia, China hingga Uni Emirat Arab (UEA).

Meski begitu, Agung belum merinci berapa perusahaan dari ketiga negara tersebut.

"Jadi, bukan hanya menyampaikan minat komitmen, tapi sudah kami berikan perintah untuk melanjutkan ke (tahap) feasibility study (FS). Itu ada sembilan perusahaan," ujar Agung saat ditemui wartawan di Kompleks DPR RI, Jakarta, Senin, 10 Juni.

Di samping itu, Agung mengatakan, saat ini investasi yang masuk ke IKN sudah mencapai Rp51,3 triliun.