Punya Sahabat Itu Penting, Ini 7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Work Bestie di Tempat Kerja

JAKARTA - Work bestie adalah rekan kerja yang menjadi tempat Anda tertawa, mencurahkan isi hati, dan memberi dukungan. Mereka adalah sahabat karib di kantor yang membuat rutinitas harian menjadi lebih menyenangkan. Dan karena bekerja di tempat yang sama, Anda dan sahabat akan lebih memahami satu sama lain beserta semua situasi di tempat kerja.

Lebih rinci, berikut tujuh alasan kenapa Anda perlu memiliki work bestie di tempat kerja, mengutip Very Well Family, Selasa, 30 Juli. 

Bisa saling memahami

Sahabat kerja berbeda dari teman-teman biasa karena mereka melihat apa yang Anda lakukan sepanjang hari. Sehingga memunculkan rasa memahami yang lebih mendalam. 

“Kita menghabiskan begitu banyak waktu di tempat kerja, dan rasanya sangat menyenangkan dapat mengobrol dengan seseorang yang benar-benar 'mengerti' kehidupan kerja harian Anda. Mengenal karakter utama, dan dapat memberi saran yang tepat untuk masalah apa pun yang dialami,” kata Batchelder.

Membuat Anda Bersemangat di Depan Orang Lain

Memiliki sahabat di tempat kerja sangat penting saat promosi atau proyek khusus diperebutkan. Work bestie ini mengetahui keterampilan dan bakat spesifik Anda, dan mereka dapat merekomendasikan Anda. Mereka juga akan menjadi orang pertama yang meneriakkan pencapaian besar dan kecil Anda.

Mengurangi Tingkat Stres

Penelitian telah menunjukkan bahwa persahabatan dan komunitas adalah kunci mengelola tingkat stres. Anda tentu bisa merasakan manfaat ini jika memiliki work bestie di tempat kerja. Karena intensitas pertemuan yang lebih sering dan rasa saling memahami kehidupan professional masing-masing. 

“Sahabat kerja adalah penawar kelelahan,” kata Batchelder. “Menghabiskan waktu dengan orang-orang yang mengenal kita dengan baik adalah cara bagus menyelesaikan siklus stres, yang penting untuk gaya hidup penuh tekanan saat ini.”

Memberikan Feedback dengan Jujur

Memiliki sahabat untuk diajak bicara saat pekerjaan terasa sangat menegangkan. seperti saat proyek berjalan tidak sesuai rencana atau atasan yang menjengkelkan, sangatlah bermanfaat. Karena mereka memahami nuansa tempat kerja, mereka dapat memberi Anda umpan balik yang bermanfaat dan perspektif unik tentang apa yang benar-benar penting.

Bebas Mengeluh tentang Pekerjaan

Lingkaran pertemanan di luar kantor belum tentu tahan dan paham keluh kesah pekerjaan Anda. Namun, berbeda dengan work bestie. Keluh kesah bersama tidak hanya melegakan, tetapi juga dapat membantu Anda mengidentifikasi dan mengatasi masalah tertentu. Sehingga Anda dapat lebih menikmati pekerjaan dalam jangka panjang.

Sahabat Akuntabilitas

Work bestie adalah mitra akuntabilitas yang hebat di kantor, kata Batchelder. Mereka akan menjadi orang pertama yang mendorong Anda meminta kenaikan gaji, mengambil liburan yang sangat dibutuhkan, atau pergi keluar pada siang hari untuk berjalan-jalan atau makan siang yang lezat. Anda juga dapat menyediakan hal yang sama untuk mereka. Faktanya, sebuah studi tahun 2022 menemukan bahwa ketika membantu orang lain, kesejahteraan diri akan meningkat.

Membuat Pekerjaan Lebih Menyenangkan

Work bestie menyuntikkan kesenangan ke tempat kerja dengan melontarkan lelucon, menjadi sahabat selama acara kerja, dan berkolaborasi dalam proyek dengan antusias. Mereka mengubah tugas-tugas biasa menjadi peluang untuk bersenang-senang, menawarkan dukungan moral selama masa-masa sulit, dan menciptakan suasana positif yang meningkatkan moral dan menumbuhkan produktivitas.