Pekerjaan Konstruksi Dihentikan Sementara Jelang Upacara HUT Ke-79 RI di IKN

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN mengungkapkan, pekerjaan proyek-proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal dihentikan sementara.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga menyebut, penghentian sementara pekerjaan proyek tersebut dikarenakan adanya pelaksanaan Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-79 di IKN pada 17 Agustus mendatang.

"Kami estimasi seminggu sebelum upacara (17 Agustus) tidak ada aktivitas, walaupun ada beberapa pekerjaan minor. Tapi, yang mobilisasi truk dan sebagainya insyallah tanggal 10 (Agustus) sudah kami hentikan," ujar Danis saat ditemui di kantornya, Jumat, 5 Juli.

Danis menyebut, tak semua pekerja konstruksi akan dipulangkan. Menurutnya, untuk para pekerja yang berada di dalam ruangan akan tetap diberdayakan saat pelaksanaan upacara di IKN.

"Ada yang tetap di situ, kemudian kami akan manfaatkan. Kan, kalau bekerja di dalam ruangan tidak apa-apa, seperti di office," ucap dia.

Nantinya, kata dia, untuk para pekerja konstruksi yang bekerja di luar ruangan akan diajak untuk berolahraga dan mengikuti semacam pelatihan sertifikasi.

"Kalau yang harus diluar kami akan adakan acara sendiri, seperti olahraga, semacam pelatihan sertifikasi. Kami manfaatkan supaya tidak diam. Kan, cuma beberapa hari, ya," tuturnya.

Meski begitu, Danis tidak memberikan informasi lebih lanjut kapan pekerjaan konstruksi di IKN dapat kembali dilanjutkan.

Sekadar informasi, perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN menjadi titik awal perpindahan ibu kota negara secara bertahap dari DKI Jakarta ke Nusantara.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berencana untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI Ke-79 di IKN Nusantara pada 17 Agustus 2024.

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di IKN pada 17 Agustus 2024 juga merupakan upacara selamat datang kepada ibu kota baru.