Hasil Jakarta International Marathon 2024, Pelari Kenya Raih Posisi Terbaik

JAKARTA - Jakarta International Marathon 2024 tuntas digelar pada Minggu, 23 Juni siang WIB. Geoffrey Kiprotich Birgen dari Kenya menjadi yang tercepat di nomor marathon 42 km. Sementara itu, pelari dari Kenya lainnya juga tak mau kalah mengukir prestasi.

Bersanding dengan Geoffrey yang menjadi finisher di nomor marathon putra, Sheila Jepkosgei Chesang juga menjadi pelari terbaik di nomor yang sama kategori perempuan.

Untuk peringkat kedua di nomor marathon putra kembali diisi oleh pelari asal Kenya, Kiprop Tonui. Posisi ketiga ada Bililign Yimer Ali asal Ethiopia dan Joseph Mwangi Ngare dari Kenya.

Bergeser ke nomor marathon wanita, di bawah posisi juara pertama yang ditempati Sheila Jepkosgei Chesang ada Careen Cheptoek Mwetich yang jadi juara kedua dan Shauline Chepkirui Koech dimposisi ketiga, mereka merupakan pelari yang juga berasal dari Kenya.

Pelari kenya masih mendominasi nomor ini sebab di posisi keempat ada Eunice Nyawira Muchiri dan kelima diisi Hellen Nzembi Musyoka yang berasal dari negara yang sama.

Jakarta International Marathon 2024 merupakan salah satu rangkaian acara HUT ke-479 kota Jakarta, acara ini melombakan tiga kategori yang meliputi marathon (42 km), half marathon (21 km) dan 10 km.

Acara ini dimulai pukul 04.00 WIB dengan titik awal di kawasan Monas dan finis di dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat.

Penempatan garis finis di dalam stadion GBK ini merupakan yang pertama kalinya dalam perhelatan lari di Jakarta, dalam rangka memberikan pengalaman yang unik dan berbeda bagi para peserta.

Untuk hadiah yang disiapkan, BTN selaku sponsor utama total menyiapkan sekitar Rp3 miliar termasuk hadiah utama yaitu rumah untuk peserta yang berhasil memecahkan rekor maraton khusus bagi warga negara Indonesia (WNI).