PDIP Pertimbangkan Usung Anies di Pilkada Jakarta, Utut Adianto:Merah Putihnya Tidak Diragukan

JAKARTA - PDI Perjuangan nampaknya serius mempertimbangkan Anies Baswedan untuk diusung sebagai calon gubernur pada Pilkada Jakarta 2024. Wasekjen PDIP Utut Adianto menilai, nasionalisme Anies tidak diragukan lagi. 

"Kalau orang seperti saya setiap pilkada itu kan tujuannya untuk menang. Nanti ditimbang-timbang, pak Anies itu seperti apa, popularitas pasti, elektabilitasnya seperti apa, tidak merepotkan ideologi kami tidak, intinya itu," ujar Utut di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 12 Juni. 

"Kalau menurut saya, beliau pernah jadi gubernur, sudah jadi capres, pasti beliau punya, kalau bahasanya pak Luhut paten, kalau bahasa saya beliau orang yang sangat sudahlah merah putihnya nggak diragukan," lanjutnya. 

Soal apakah PDIP mengusung kader internal untuk dijadikan cawagub, Utut mengatakan partainya belum membahas. 

"Ya kita belum sampai titik itu. Kan kalau di problem utama kami nanti malah nanti seperti Jawa Tengah. Kami bisa ngusung sendiri nanti siapa, misalnya," katanya. 

Sebelumnya, PDIP dan Anies Baswedan saling melempar pujian terkait peluang dalam Pilkada Jakarta 2024. Keduanya saling menunjukkan ketertarikan.

"Menarik juga Pak Anies," kata Ketua DPP PDIP Puan Maharani di kompleks parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 4 Juni. 

Anies Baswedan ternyata menjawab pernyataan Puan Maharani. Dia akan melihat situasi terlebih dahulu sebelum mengambil kesimpulan.

"PDIP juga menarik, jadi sambil kita lihat hari-hari ini, mudah-mudahan sampai pada kesimpulan," kata Anies, kepada wartawan, di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Jumat, 7 Juni.