Microsoft Kembali Membuka Saluran Pengujian untuk Windows 10

JAKARTA – Microsoft akan mengakhiri pembaruan Windows 10 pada Oktober tahun depan sehingga program beta untuk sistem tersebut telah ditutup. Namun, Microsoft kembali membuka program beta Windows 10.

Program pengujian beta kembali dibuka setelah Microsoft menambahkan Copilot, asisten pribadi berbasis Kecerdasan Buatan (AI), ke dalam Windows 10. Fitur ini awalnya eksklusif untuk Windows 11, tetapi sudah diperluas ke Windows 10.

Dengan menambahkan Copilot ke dalam Windows 10, Microsoft mengatakan bahwa mereka membutuhkan saluran untuk menguji berbagai fitur baru dan peningkatan lainnya. Oleh karena itu, mereka kembali membuka Saluran Beta dari Windows Insider.

"Kami membuka Saluran Beta untuk Windows Insiders yang saat ini menggunakan Windows 10. Ini memungkinkan kami mencoba fitur baru untuk Windows 10, versi 22H2, dengan Insiders sebelum merilisnya ke semua pelanggan Windows 10," kata Microsoft.

Perusahaan itu menegaskan bahwa mereka hanya memberikan peningkatan sesuai dengan kebutuhan Windows 10. Meski saluran pengujiannya dibuka kembali, dukungan pembaruan akan tetap berakhir pada 14 Oktober tahun depan.

Belum diketahui fitur apa saja yang akan diuji di saluran beta untuk Windows 10. Microsoft hanya menjelaskan bahwa sebagian besar fitur akan diluncurkan menggunakan teknologi Peluncuran Fitur Kontrol dan tidak semua fitur akan diluncurkan ke publik.

"Fitur dan pengalaman yang disertakan dalam versi Windows 10 yang kami kirimkan ke Saluran Beta mungkin tidak akan pernah dirilis saat kami mencoba berbagai konsep dan mendapatkan masukan. Fitur dapat berubah seiring waktu, dihapus, atau diganti," jelas Microsoft.