DPR Wanti-wanti Pembangunan IKN Jangan Terganggu Usai Kepala Otorita Berganti

JAKARTA - Komisi II DPR mewanti-wanti agar jangan sampai pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur terganggu pasca mundurnya dua pimpinan Otorita IKN. Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengaku kaget mendengar Bambang Susantono mundur sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menurutnya, jangan sampai kabar mundurnya kepala IKN bersamaan dengan wakilnya itu menimbulkan persepsi yang bermacam-macam di tengah masyarakat.

"Terus terang kabar ini sangat mengagetkan. Apalagi yang mundur ketua dan Wakil OIKN secara, bersamaan. Ada apa mereka mundur secara serentak?," ujar Guspardi, Senin, 3 Juni.

Sebagai mitra dari Komisi II, Guspardi menilai, OIKN yang di pimpin duet Bambang dan Dhony Rahajoe cukup gesit dan bagus dalam melaksanakan tugas mereka.

"Namun begitu, mundurnya pak Bambang dan Pak Dony ini jangan sampai membuat percepatan pembangunan di Ibukota Nusantara menjadi terganggu," kata Legislator dapil Sumatera Barat itu.

Meski Presiden sudah menunjuk Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni sebagai Plt kepala OIKN dan wakil, namun Komisi II DPR berharap pemerintah segera menunjuk pimpinan definitif.

"Diharapkan pemerintah agar segera menunjuk dan menetapkan ketua dan wakil OIKN secara definitif," pungkas anggota Baleg DPR RI tersebut.

Diketahui, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono bersama wakil Donny Raharjoe kompak mengundurkan diri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ketua resmi mengundurkan diri setelah mengirim surat kepada presiden beberapa waktu lalu.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengumumkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni menjadi Plt Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN. Keduanya menggantikan Bambang Susantono dan Donny Rahajoe yang mengundurkan diri.

“Pada hari ini telah terbit Keppres pemberhentian dengan hormat Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN dan Bapak Donny Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN disertai ucapan terima kasih terhadap pengabdian beliau-beliau,” kata Pratikno dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 3 Juni.

“Sekaligus Bapak Presiden mengangkat Menteri PUPR Pak Basuki sebagai Plt Kepala Otorita IKN dan mengangkat Wamen ATR/BPN sebagai Wakil Kepala Otorita IKN,” sambungnya.