Uji Laik Fungsi Selesai, Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar Siap Beroperasi

JAKARTA - Jalan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar sepanjang 24,7 kilometer (km) telah berhasil melalui proses Uji Laik Fungsi (ULF) pada April 2024. Dengan demikian, Jalan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar sudah siap operasional, mengingat semua infrastruktur pendukung sudah tersedia.

"Pada 25-26 April 2024, salah satu ruas Jalan Tol Trans Sumatera, yaitu Jalan Tol Pekanbaru-Padang Seksi II (Bangkinang-XII Kota Kampar telah berhasil melalui proses Uji Laik Fungsi (ULF) dan kini telah memperoleh Sertifikat Laik Operasi (SLO) pada 28 Mei, lho," demikian bunyi keterangan yang dikutip dari akun Instagram resmi @hutamakarya, Kamis, 30 Mei.

Adapun evaluasi ULF ini melibatkan berbagai pihak, termasuk Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri.

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa tol ini siap digunakan dan memenuhi semua persyaratan operasional.

"Semoga Jalan Tol Bangkinang-XIII Kota Kampar ini dapat segera beroperasi agar dapat memperkuat konektivitas, khususnya di wilayah Riau, ya," imbuhnya.

Sebelumnya, jalan tol ini telah dioperasikan saat arus mudik Lebaran 2024 dan tidak dikenakan tarif.

Tol fungsional ini dapat memangkas waktu tempuh dari Pekanbaru menuju Koto Kampar maupun sebaliknya, semula 3 jam menjadi sekitar 1,5 jam.

Diketahui, tol ini merupakan lanjutan dari ruas Pekanbaru-Bangkinang yang sudah beroperasi terlebih dahulu sejak Desember 2022 dan telah diterapkan tarif pada 25 Desember 2022 lalu.