Berapa Suhu AC yang Sehat? Ternyata Segini Tingkatannya

YOGYAKARTA - Tidur di dalam ruangan berAC memang menyenangkan karena suhu udara bisa diatur. Namun berapa suhu AC yang sehat? Setiap pengguna air conditioner biasanya punya acuan suhu untuk kenyamanan masing-masing di dalam ruangan.

Adanya AC di dalam ruangan sangat membantu mengkondisikan suhu ruangan agar tidak terlalu panas maupun terlampau dingin. Ketika cuaca sedang panas atau terasa gerah, Anda bisa menurunkan suhu AC agar lebih dingin. Sementara jika udara sedang dingin, Anda bisa mengatur suhu untuk menghangatkan ruangan. 

Namun di samping itu, pengaturan suhu yang kurang tepat juga bisa berdampak negatif bagi kesehatan. Sebaiknya pengguna alat pendingin ruangan mengetahi berapa suhu AC yang sehat dan cara menyesuaikan agar nyaman buat tidur.

Berapa Suhu AC yang Sehat?

Banyak yang mempertanyakan berapa sih tingkat suhu yang baik untuk kesehatan. Suhu AC yang pas bagi kesehatan yakni sekitar 24-25 derajat celcius. Pengaturan suhu ini disebut bisa mendukung fungsi tubuh dengan optimal. 

Perlu diketahui bahwa suhu AC yang terlalu kecil atau rendah bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Selain itu, suhu yang terlalu rendah juga bisa memicu iritasi pada kulit. Ruangan dengan kondisi seperti ini bisa merusak kesehatan kulit karena kelembapan ruangan berkurang drastis. 

Selain itu, suhu tubuh yang menurun juga menyebakan berkurangnya produksi keringat. Hal ini justru bisa memicu produksi minyak di tubuh secara berlebihan. Kondisi ini pun dapat menimbulkan gangguan kesehatan lainnya, seperti noda hitam atau flek di kulit, keriput atau kerutan kulit, jerawat, dan iritasi kulit. 

Tak sekadar itu saja, suhu AC yang terlalu rendah juga bisa menimbulkan dampak negatif pada mekanisme alami penyesuaian suhu tubuh. Kondisi ini dapat meningkatkan penyebaran virus di udara yang kering dan dingin. 

Efek AC pada Kesehatan

Penggunaan AC memang memberikan berbagai dampak positif bagi orang di dalam ruangan. Namun di satu sisi, pemakain AC juga berisiko menyebabkan efek negatif pada kesehatan. Berikut ini beberapa dampak buruk yang mungkin terjadi karena paparan AC:

  • Kulit menjadi sangat kering
  • Risiko sick building syndrome, seperti sakit kepala, pening, batuk kering, kelelahan, dan sulit berkonsentrasi, jika berada di ruang ber-AC tanpa ventilasi udara yang baik 
  • Risiko iritasi atau gatal karena mata kering
  • Meningkatkan risiko migrain atau sakit kepala atau migrain jika AC kotor
  • Meningkatkan risiko iritasi saluran pernapasan, seperti kesulitan bernapas atau sesak
  • Menurunkan toleransi tubuh terhadap suhu yang panas, sehingga tubuh gampang tidak nyaman saat di lingkungan bercuaca lebih panas 
  • Memperparah gejala alergi karena paparan AC kotor
  • Menurunkan risiko heat exhaustion dan heat stroke yang dapat mengancam nyawa

Tips Mengatur Suhu AC Nyaman untuk Tidur

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatur suhu AC yang nyaman buat tidur:

Atur suhu awal AC menjadi tidak lebih rendah dari 25 derajat celcius

Hindari langsung menurunkan suhu AC ke tingkatan paling rendah. Tubuh perlu beradaptasi terlebih dahulu dengan perubahan suhu dingin. Apabila suhu AC sudah diatur di antara 25 sampai 28 derajat celcius namun masih kurang sejuk atau dingin, maka Anda bisa menurunkan suhunya secara bertahap. 

Tingkatkan suhu AC apabila sudah mulai mengantuk

Apabila rasa ngantuk sudah menyerang, Anda bisa menaikkan suhu AC sekitar 2 sampai 3 tingkat angka di atasnya. Pengaturan suhu ini bertujuan supaya tubuh Anda menjadi rileks. Misalnya suhu sebelumnya adalah 23 derajat maka Anda bisa meningkatkannya menjadi angka 25 sampai 26 derajat. 

Demikianlah jawaban dari berapa suhu AC yang sehat? Tingkat suhu AC yang baik untuk kesehatan berada di kisaran 24-25 derajat celcius. Namun acuan suhu ini juga harus disesuaikan dengan kondisi fisik masing-masing orang. Baca juga cara memperbaiki AC mati hidup sendiri

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.