Rest Area 456 yang Manjakan Pemudik dengan Mal hingga Panorama Indah Salatiga

JAKARTA - Apabila pemudik berkendara dari Semarang menuju Surabaya melalui jalan tol, pengendara akan melintasi Tol Semarang-Solo. Jika ingin beristirahat, bisa mampir ke rest area Salatiga 456 atau dikenal juga rest area pendopo 456.

Lokasi rest area ini berada sekitar 20 kilometer (km) dari Gerbang Tol Bawen, Jawa Tengah (Jateng), dengan total luas lahan mencapai 3,3 hektare (ha). 

Rest area ini bisa menjadi opsi bagi pemudik lantaran fasilitas yang disediakan sangat lengkap. Pertama, rest area ini dilengkapi dengan sky bridge yang membentang dari rest area Salatiga KM 456 A sampai rest area Pendopo Salatiga KM 456 B.

Di samping itu, rest area ini pun dikenal sebagai rest area yang mirip dengan mal. Sebab, memiliki beberapa gerai ritel bermerek, gerak makanan dengan memberdayakan UMKM hingga tempat membeli oleh-oleh.

"Dengan fasilitas yang lengkap, sahabatPUPR dapat beristirahat sambil kulineran dan berbelanja dilengkapi dengan pemandangan indah yang menyejukkan mata," tulis keterangan PUPR di akun Instagram resminya @kemenpupr, dikutip Minggu, 14 April.

Di sisi lain, rest area ini juga pernah meraih penghargaan dari Kementerian PUPR sebagai tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area Tipe B terbaik selama tiga tahun berturut-turut sejak 2022. 

Penghargaan ini berhasil didapatkan karena rest area Pendopo 456 memiliki program pengolahan sampah berkelanjutan, pelayanan berkualitas kepada pengunjung hingga kegiatan komunitas yang dilaksanakan secara berkala.

"Sahabat bisa beristirahat, mengisi perut, berbelanja sekaligus menikmati pemandangan indah Salatiga," katanya.