Beda dengan NasDem, PKS Belum Mau Beri Selamat ke Prabowo-Gibran

JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berbeda sikap dengan Partai NasDem yang menerima dan mengucapkan selamat atas kemenangan Paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. 

PKS masih menunggu proses yang berjalan hingga hasil sidang sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK).  

"Ya memang tahapannya kan harus begitu. Setelah pemilihan, penghitungan, penetapan. Tapi kan masih ada ruang bagi mereka-mereka yang tidak puas dan mempunyai bukti di MK. Ya kita ucapkan selamat dalam tahap hitungan KPU dengan tetap ada ruang MK," ujar politikus PKS Jazuli Juwaini di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 21 Maret. 

Jazuli menuturkan, PKS akan menerima hasil Pilpres 2024 apabila dugaan-dugaan kecurangan terkait pencoblosan dituduhkan tidak terbukti di MK. PKS, kata dia, akan legowo menerima kekalahan Paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang diusung Koalisi Perubahan. 

"Kalau tidak ada argumen dan bukti yang kuat kita memang harus (terima, red). Dalam pemilu ini kan pasti ada yang menang, pasti ada yang kalah. Maka sebagai orang yang menganut paham demokrasi ya harus menerima kemenangan, harus menerima kekalahan," kata Jazuli. 

"Sekarang ini banyak teman-teman, masyarakat ya, itu mengatakan bahwa kita bukan mau nerima atau tidak terima, bukan nerima menang atau tidak terima menang atau tidak terima. Tetapi mereka mempermasalahkan cara menang. Nah selama itu punya bukti yang kuat ya ada ruang. Tapi kita berharap suasana kondusif," pungkasnya. 

Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh menyatakan menerima hasil penghitungan suara Pemilu 2024 yang dilakukan KPU. Baik itu hasil perhitungan pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden dan wakil presiden.

"Partai NasDem menyatakan menerima hasil Pemilu 2024 yang telah dilaksanakan pada tanggal 14 Februari. Baik pemilu legislatif maupun pemilihan presiden dan wakil presiden," kata Surya Paloh, saat konferensi pers di NasDem Tower, Jakarta, Rabu malam, 20 Maret. 

Partai NasDem juga mengucapkan selamat kepada seluruh partai politik peserta pemilu legislatif dan juga tiga paslon capres-cawapres. 

"NasDem mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang pilpres 2024," ucap Surya Paloh.