Memakan Banyak Korban! Berikut Ciri-ciri Aki Rekondisi

YOGYAKARTA - Sebagaimana barang yang memiliki masa pakai, aki mobil pula wajib diganti sehabis 1 ataupun 2 tahun penggunaan. Perihal tersebut bertujuan supaya kendaraan tidak mogok di tengah jalan ataupun mogok saat dibutuhkan. Ingin tahu seperti apa ciri-ciri aki rekondisi?

Tetapi, saat bakal mengganti aki, Kalian butuh waspada terhadap kedatangan aki rekondisi yang marak tersebar di pasaran. Kenali ciri-ciri aki rekondisi supaya tidak salah pilih.

Aki rekondisi ialah aki sisa pakai yang telah rusak. Tetapi, dengan cara-cara tertentu bisa diperbaiki serta dijual kembali. Walaupun tidak beresiko untuk kendaraan, konsumen dirugikan sebab masa pakai aki yang pendek.

Aki rekondisi ini untuk awam tampak seperti baru sehingga susah membedakannya. Penjual nakal bakal memperdaya serta meyakinkan Kalian kalau aki yang dijualnya adalah baru.

Ciri-ciri Aki Rekondisi

Terdapat beberapa aspek yang bisa membedakan aki yang direkondisi dari aki original, yaitu:

1. Biayanya Terlampau Murah

Ciri pertama tentu saja harga aki yang murahnya tidak masuk akal. Selaku referensi, kisaran harga aki original yaitu Rp 600 ribu sampai jutaan rupiah. Bandingkan dengan aki yang telah direkondisi dapat Kalian miliki cuma dengan harga ratusan ribu, sekitar Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribu saja.

Apabila menemukan aki dengan harga yang terlampau murah, Kalian layak waspada dengan keasliannya. Berhati- hatilah saat sebelum membeli, jangan langsung tergiur dengan harga aki yang murah.

2. Kondisi Aki Banyak Goresan

Apabila melihat keadaan aki rekondisi, Kalian tentu langsung mengenali kalau itu bukan aki original. Karena keadaan aki ini pada bagian terminal negatif serta positif dipenuhi dengan guratan dari sisa pemakaian sebelumnya.

Setelah itu, Kalian bisa melihat badan aki yang menggembung. Perihal tersebut terjalin sebab ada proses kimiawi di dalam aki yang telah direkondisi, hasil dari tangan para penjual yang mengotak- atik aki supaya bisa dijual kembali.

Tidak hanya itu, perhatikan pula tutup serta badan akinya. Pada aki yang direkondisi, tutupnya cenderung tidak rapat semacam aki baru.

Intinya, aki original tentu dijual dalam keadaan bagus serta mulus, khususnya di bagian terminal positif serta negatif aki yang masih terlihat dengan jelas tanpa goresan.

3. Garansinya Lebih Singkat

Karakteristik aki rekondisi selanjutnya yaitu pemberian masa berlaku garansi yang cenderung sangat pendek. Para penjual aki ini umumnya bakal memberikan garansi dengan masa berlaku bulanan, kurang lebih 3 bulan saja.

Tetapi, Kalian yang membeli aki original bakal memperoleh garansi dengan masa berlaku selama satu tahun. Nampak signifikan bukan perbandingannya?

4. Warna Aki Cenderung Kusam

Ciri lebih jelas yang bisa jadi pembeda antara kedua aki adalah melihat keseluruhan penampilan wujud aki. Apabila Kalian membeli aki, kemudian pada saat mengecek warnanya ternyata cenderung kusam serta kotor, jangan Kalian pakai terlebih dahulu aki tersebut.

Aki yang berwarna kusam pantas Kalian curigai selaku aki yang telah direkondisi. Karena aki original bakal tampak lebih mengkilap serta tidak kusam, sebab belum sempat dipakai serta masih tersimpan di dalam kardus.

Beda dengan aki yang telah direkondisi ialah sisa penggunaan orang lain serta telah dikeluarkan dari kardus penyimpanan buat dijual kembali.

Jadi, cek terlebih dahulu warna aki saat sebelum Kalian memutuskan buat memakainya pada mobil Kalian.

5. Bukan Dijual di Toko Resmi

Aki yang direkondisi penuhi toko- toko yang tidak resmi dari distributor aki. Toko tipe ini umumnya terdapat di pinggir jalur dengan penampilan polos tanpa tanda pengenal ataupun plang toko. Jenis toko semacam itu umumnya memberikan kesan kurang meyakinkan, jadi Kalian pantas curiga.

Sebaliknya aki original dapat Kalian temukan dengan gampang di supermarket ataupun toko distributor resmi yang tentu terpercaya kualitasnya.

Jadi, bila Kalian mau memperoleh aki original dengan mutu terjamin, daya tahan lama, dan masa berlaku garansinya sesuai, Kalian tahu wajib mencarinya di mana.

Urusan harga memanglah tentu lebih mahal, tetapi sebanding dengan kualitasnya dalam menunjang kelancaran Kalian berkendara.

Aki original pula lebih menguntungkan buat jangka panjang, sebab bakal melindungi komponen mobil dari resiko kehancuran yang dapat berlangsung apabila Kalian mengenakan aki yang direkondisi buat waktu yang lama.

Ada baiknya kalian untuk membaca: “Cara Jumper Aki Mobil yang Benar” agar tidak panik bila mengalaminya.

Jadi setelah mengetahui ciri-ciri aki rekondisi, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!