D’Cinnamons Peringati Hari Ibu dengan Single Baru, Ma..

JAKARTA - Grup musik D’Cinnamons merilis single baru berjudul Ma.. hari ini, Rabu, 20 Desember. Lagu ini menjadi peringatan bagi trio asal Bandung itu untuk Hari Ibu yang jatuh besok lusa.

Adapun, Ma.. merupakan single kedua yang dirilis trio Dodo (vokal, gitar), Bona (gitar) dan Nana (bass) di tahun 2023. Sebelumnya, mereka merilis single berjudul Kunang-Kunang pada 10 April lalu.

Ma.. menjadi persembahan penutup tahun D’Cinnamons sebagai introspeksi dan perenungan atas apa yang telah terjadi di masa lalu. Mereka mengajak pendengar dan penggemarnya untuk melihat sosok ibu yang menemani kita sejak kecil, remaja, hingga beranjak dewasa dan mampu hidup mandiri.

“Pengalaman kehilangan Mama dialami banyak orang. Dan untuk saya, lagu ini dibuat sesuai perjalanan hidup saya,” ujar Dodo yang kehilangan sang ibu pada Mei 2022.

Lirik dan musik dari single baru ini mulai ditulis tidak lama dari kepergian ibunda Dodo. Seiring berjalannya waktu, komposisi terus dikembangkan sekaligus menentukan momentum yang tepat untuk diperdengarkan ke publik.

“Bisa dibilang, musiknya lebih minimalis dan intimate dibanding karya-karya kami sebelumnya,” ucap Nana.

Adapun, proses produksi dilakukan di rumah yang menjadi markas utama D’Cinnamons di Bandung. Perekaman dilakukan secara live untuk memperkuat penghayatan, sekaligus mempertahankan kesederhanaan lagu.

Lebih lanjut, Bona mengungkap dua sudut pandang berbeda yang terdapat dalam lagu ini. Pertama, D’Cinnamons seakan sedang berbincang dengan pendengar, mengajak untuk membayangkan bagaimana mesranya hubungan antara anak dan ibunya dahulu. Kedua, D’Cinnamons seakan sedang berbicara dengan sosok ibu di bagian penghujung lagu.

“Saat workshop terakhir, kami bikin bait terakhir di lagu ini sambil berlinang air mata. Benar-benar nggak ketahan, tiba-tiba pipi basah. Karena saat itu kami pengin mengangkat inspirasi sesungguhnya dari lagu ini, yakni mendiang Mama-nya Dodo,” tutur Nana.

“Terlepas dari sosok ibu yang masih ada maupun sudah tiada, perjumpaan dengan orang tua akan selalu bermakna dan mengharukan,” pungkas Bona.