Cara Mendapatkan Lisensi Skydiving untuk Pemula, Ternyata Tahapannya Panjang

YOGYAKARTA - Skydiving atau terjun payung merupakan olahraga yang diminati oleh orang-orang penyuka tantangan atau adrenalin. Skydiving merupakan olahraga ekstrem sehingga harus dilakukan oleh ahlinya dan sudah berpengalaman atau memiliki lisensi khusus. Lantas bagaimana cara mendapatkan lisensi skydiving?

Skydiving termasuk sebagai olahraga udara yang dilakukan dengan melompat atau terjun dari ketinggian. Olahraga menantang ini menggunakan perlengkapan berupa parasut yang dapat mengembang. Ketika mencapai ketinggian tertentu, skydiver akan menarik tuasnya agar parasut terbuka. 

Skydiving merupakan olahraga yang berisiko tinggi sehingga tidak sembarang orang boleh melakukannya. Harus orang yang sudah terlatih atau terampil dibuktikan dengan sertifikasi untuk bisa menjalani terjun payung. Bagi yang tertarik dengan olahraga ini, Anda perlu tahu cara mendapatkan lisensi skydiving dan tahapan-tahapannya. 

Cara Mendapatkan Lisensi Skydiving

Olahraga skydiving tidak bisa dilakukan oleh orang awam karena aktivitas ini berisiko tinggi pada keselamatan. Oleh karena itu, hanya orang-orang yang sudah memiliki lisensi skydiving yang boleh melakukan terjun payung. 

Untuk mendapatkan lisensi skydiving pun tidaklah gampang. Ada berbagai tahapan pelatihan yang harus dijalani hingga akhirnya Anda layak mendapatkan lisensi. Supaya berhasil memperoleh lisensi terjun payung, Anda perlu menyelesaikan empat tahapan, mulai dari skidive tandem, kursus AFF, hingga skydive solo. 

Berikut ini beberapa proses atau tahapan yang perlu dijalani untuk mendapatkan lisensi skydiving:

Melakukan Skydive Tandem

Langkah pertama yang wajib dijalani untuk menjadi skydiver berlisensi dimulai dengan skydive tandem. Skydive tandem adalah aksi terjun payung yang dilakukan oleh dua orang yaitu peserta dan instruktur secara bersamaan dalam satu parasut. Proses ini bertujuan untuk mengenalkan peserta dengan medan terjun payung serta berbagai praktiknya di udara. 

Dalam tahapan skydive tandem, instruktur profesional akan membimbing peserta untuk mempelajari cara skydiving. Teknik-teknik skydiving yang diajarkan mulai dari lompatan terjun bebas, mengemudikan, hingga pendaratan. Berikut ini beberapa keterampilan yang umumnya difokuskan pada tahapan skydive tandem: 

  • Penguatan mental untuk keluar dari pesawat atau terjun bebas
  • Posisi tubuh dan kestabilan di udara saat terjun bebas
  • Kesadaran ketinggian dan penguasaan alat
  • Menerapkan pola pendaratan yang benar

Menjalani Kursus

Sebelum Anda diizinkan untuk melakukan aksi terjun payung sendirian atau skydive solo, Anda harus mengikuti pendidikan atau kelas skydiving terlebih dahulu. Di dalam kelasnya, Anda akan mempelajari mempelajari dasar-dasar keterampilan skydiving

Ada berbagai lembaga kursus skydiving yang bisa Anda ikuti sebagai proses mendapatkan lisensi terjun payung. Setiap lembaga kursus menyediakan kurikulum pembelajaran yang berbeda-beda, beserta lamanya program. 

Berikut ini materi-materi yang umumnya diajarkan di kelas skydiving:

  • Persiapan: prosedur naik dan turun pesawat
  • Peralatan: memahami komponen dan kegunaannya peralatan skydiving
  • Terjun bebas: posisi tubuh stabil dan kesadaran ketinggian
  • Posisi darurat: apa yang harus dilakukan saat dalam kondisi darurat
  • Menerbangkan parasut: pengenalan pola pendaratan dan penerbangan parasut

Setelah menyelesaikan kursus dasar-dasar skydiving, selanjutnya Anda akan diminta menjalani lompatan pertama atau Level One. Di sejumlah lembaga kursus, tahapan ini dikenal dengan Kategori A. Setelah berhasil menyelesaikan lompatan pertama, Anda pun mulai diakui menjadi skydiver berlisensi.

Skydive Solo

Setelah terjun payung dengan bantuan instruktur dan praktik lompatan pertama selesai, saatnya melakukan skydiving tanpa bantuan. Berarti Anda harus menyelesaikan beberapa kali lompatan tanpa instruktur. Selama tahap ini, Anda akan mempraktikkan keterampilan yang telah Anda pelajari sejauh ini. 

Demikianlah informasi cara mendapatkan lisensi skydiving yang perlu Anda tahu untuk bisa terjun payung. Setelah memiliki lisensi skydiving, Anda diizinkan untuk terjun bebas skydiving tanpa pengawasan instruktur dan melompat dengan aman bersama skydiver lainnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.