Sufmi Dasco Ahmad: Ketum Parpol di KIM Masih Sibuk Bahas Pendamping Prabowo Subianto

JAKARTA - Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, menegaskan pihaknya belum bisa menyampaikan soal peluang Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo Subianto pasca putusan Mahkamah Konstitusi. 

Menurutnya, sosok cawapres Prabowo masih dalam tahap pembicaraan di antara Ketum parpol di Koalisi Indonesia Maju (KIM), dan pada waktunya akan diumumkan. 

"Tentunya di Koalisi Indonesia Maju masih dalam tahap-tahap pembicaraan sehingga apa yang ditanyakan (Gibran cawapres, red), kami belum bisa sampaikan pada saat ini. Dan tentunya pada waktunya nanti kita akan sampaikan tentang siapa yang akan menjadi calon pendamping pak Prabowo," ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 16 Agustus. 

Namun, Wakil ketua DPR itu mengatakan, putusan MK membuka peluang bagi kepala daerah yang tengah menjabat ataupun mantan kepala daerah yang belum berusia 40 tahun untuk iku berkontestasi dalam Pilpres 2024 mendatang, termasuk Gibran. 

Dasco pun tak menampik akan ada pertemuan untuk membicarakan hal itu. Kemudian, akan diputuskan oleh para ketum parpol KIM. Diketahui, ada 4 nama kandidat cawapres Prabowo yang masing-masing berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan luar Jawa. 

"Ya itu makanya tadi disampaikan bahwa Senin atau Selasa akan dibicarakan, nah sehingga akan kemudian diambilkan keputusan dengan partai-partai atau ketua-ketua umum partai di Koalisi Indonesia Maju," katanya.

Dasco menuturkan, pada hari ini sudah digelar pertemuan tertutup para ketum parpol pendukung Prabowo. Namun, dia enggan membeberkan lokasi dan pembahasan pertemuan tersebut.

"Hari ini sudah ada pertemuan, sudah selesai," katanya.