ASDP Layani 23,1 Juta Penumpang dan 4,38 juta Kendaraan di Semester I-2023
JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menunjukkan kinerja positif. Hal ini tercermin dari kerhasilan perusahaan pelat merah ini melayani 23,1 juta penumpang, dan 4,38 juta kendaraan di seluruh Indonesia semester I-2023.
Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengatakan manajemen optimistis bahwa bisnis penyeberangan bertumbuh baik hingga akhir tahun ini.
Karena itu, sambung Ira, ASDP konsisten terus menghadirkan layanan prima, khususnya bagi sektor logistik yang menjadi penopang kinerja perusahaan.
“Laju bisnis berjalan baik, dimana Semester I-2023 mencatat performa kinerja yang baik, total penumpang yang dilayani di Pelabuhan sebanyak 23,1 juta penumpang, dan 4,8 juta kendaraan serta 867.856 ton barang,” katanya di Jakarta, Minggu, 17 September.
Lebih lanjut, Ira menggatakan total produksi kendaraan pada semester I-2023 tercatat mengalami kenaikan sebesar 6 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.
Dari angka produksi tersebut pada periode Januari hingga Juni 2023, ASDP berhasil membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp2,36 triliun.
“Meningkat 16 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, dan mencetak laba sebesar Rp311 miliar,” ucapnya.
Adapun produksi pelabuhan pada tahun 2023 ini, ASDP membidik target penumpang yang dilayani sebanyak 51 juta orang, kendaraan roda 2 dan 3 sebanyak 6,5 juta unit, kendaraan roda 4 sebanyak 6,6 juta unit, dan total barang yang diangkut sebanyak 1,9 juta ton.
“Dan untuk tahun 2023 ini, ASDP membidik total pendapatan sebesar Rp5,6 triliun dengan capaian laba bersih sekitar Rp700 miliar,” tuturnya.
Kata Ira, manajemen terus berupaya untuk menjaga stabilitas bisnis pascaCOVID-19 ini dengan melakukan efisiensi dan memprioritaskan program yang mendatangkan profit. Dari internal yaitu pembenahan operasional dan perbaikan bisnis proses yang makin efektif dan efisien.
Diungkapkan, digitalisasi layanan secara berkelanjutan yang dijalankan ASDP mampu meningkatkan produksi pengguna jasa. Menurutnya, ada 3 pencapaian manajemen yang telah dilalui ASDP dalam kurun waktu 4 tahun belakangan ini.
Baca juga:
Pertama, perkembangan infrastruktur yang semakin mengedepankan kenyamanan pelanggan. Hal ini bisa terlihat dari pengembangan Pelabuhan Merak dan Bakauheni, dimana pengguna jasa di terminal eksekutif semakin nyaman dengan adanya access bridge penghubung terminal eksekutif dan regular.
“Kedua, ASDP terus mengakselerasi online ticketing di seluruh cabang layanan. Jika saat ini layanan online ticketing Ferizy baru berlaku di 4 pelabuhan utama yakni Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk, manajemem terus melakukan perluasan digitalisasi tiket online berbasis website trip.ferizy.com yang dinilai berperan sangat penting untuk menjamin kelancaran pelayanan dan keakuratan data manifest,” ujarnya.
Ketiga, manajemen terus meningkatkan kualitas pelayanan. “ASDP selalu melakukan evaluasi berjangka untuk memastikan aspirasi pelanggan dapat terpenuhi. Tentu saja dengan memastikan aspirasi ini untuk kebaikan bersama,” tutupnya.