Menakar Peluang Timnas Indonesia U-23 Bikin Sejarah di Piala Asia Jika Kalah Lawan Turkmenistan

JAKARTA – Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang besar untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-23 tahun depan sekalipun kalah pada laga terakhir kualifikasi Grup K melawan Turkmenistan.

Indonesia saat ini memuncaki klasemen sementara grup setelah mengamankan kemenangan 9-0 melawan Taiwan di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu, 9 September akhir pekan kemarin.

Pasukan asuhan Shin Tae-yong punya koleksi tiga poin. Jumlah poin yang sama dimiliki Turkmenistan yang mengekor di posisi kedua, tetapi kalah produktivitas gol dengan Indonesia.

Kemenangan di laga pertama melawan Taiwan itu membuat peluang Indonesia lolos ke Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya dalam sejarah pun menjadi terbuka lebar.

Jika ingin otomatis mendapat tiket putaran final ajang bergengsi ini, Skuad Garuda hanya perlu bermain seri di laga terakhir melawan Turkmenistan pada Selasa, 12 September besok.

Hasil imbang membuat Indonesia dan Turkmenistan sama-sama mengumpulkan empat poin. Namun, Indonesia tetap berada di posisi teratas karena memiliki keunggulan dalam hitung-hitungan selisih gol.

Seandainya kalah melawan Turkmenistan pun tidak serta-merta mengubur mimpi Indonesia. Marselino Ferdinan dan kawan kawan masih masih bisa ke putaran final dengan status sebagai empat runner up terbaik.

Turkmenistan, Iran (Grup E), Kuwait (Grup F) dan Malaysia (Grup H), saat ini berada di posisi empat teratas klasemen runner-up terbaik. Kalau kalah Indonesia tetap punya kans di sini karena pesta gol saat melawan Taiwan.