Apple Angkat Kaki dari X dan YouTube, Tak Lagi Jawab Keluhan Pengguna Melalui Medsos

JAKARTA - Pengguna produk Apple tidak akan lagi mendapatkan solusi atau bantuan saat perangkat mereka bermasalah, hanya jika bertanya melalui media sosial X dan YouTube.

Apple dilaporkan berencana untuk berhenti memberikan bantuan kepada pelanggannya, sekaligus menghilangkan peran karyawan yang bekerja di bidang itu. Termasuk, peran spesialis komunitas berbayar untuk Komunitas Dukungan Apple, akhir tahun ini.

Dari informasi ini, lebih dari 150 karyawan akan terpengaruh. Namun, Apple tidak lepas tangan. Pihaknya bakal menawarkan pekerjaan lain ke peran dukungan berbasis telepon.

Perubahan tersebut diklaim mulai berlaku pada 1 Oktober, dan jika saat itu pengguna mengirim pesan untuk meminta bantuan Apple melalui X, mereka akan disuguhkan pesan otomatis yang mengarahkan ke tempat lain.

Raksasa teknologi Cupertino, AS itu juga akan berhenti menawarkan bantuan kepada pelanggan di bagian komentar video YouTube di saluran Dukungan Apple.

Melansir MacRumors melalui The Verge, Kamis, 31 Agustus, tidak ada kejelasan dari langkah Apple ini. Kemungkinan, perusahaan mencoba memangkas biaya, terutama setelah X menaikkan harga Antarmuka Pemrograman Aplikasi (API) pada Maret lalu, yang berpotensi menaikkan biaya alat manajemen media sosial.

Atau bisa saja, platform media sosial bukan cara yang paling efisien dalam menawarkan bantuan teknis kepada pelanggan.

Keputusan itu bukan saja dimiliki Apple, pada tahun lalu, Sony juga berhenti menawarkan dukungan pelanggan PlayStation one-to-one melalui X. Netflix turut dalam daftar itu.