Hindari Konsumsi Baterai Berlebih dengan Mematikan Fitur "Wi-Fi Assist" di iPhone Anda

JAKARTA - Tidak ada yang lebih menjengkelkan daripada membawa iPhone yang sepenuhnya terisi daya hanya untuk menemukan bahwa dalam beberapa jam ponsel itu tiba-tiba mati total.

Namun, Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa penyebab penurunan daya baterai sering kali diperburuk oleh apa yang disebut sebagai 'pengaturan vampir' yang tersembunyi dalam iPhone.

Meskipun memiliki julukan yang menakutkan, fitur "menghisap" kehidupan ini lebih dikenal dengan nama 'Wi-Fi Assist' yang kurang menarik, dan memungkinkan pengguna Apple untuk beralih ke data seluler ketika jaringan Wi-Fi kurang baik.

Baik Anda sedang streaming Netflix di bus atau mengunduh file di pegunungan, fitur ini sangat bermanfaat saat sedang dalam perjalanan.

Namun, pengguna harus menyadari bahwa fitur ini juga dapat cepat menguras daya baterai, dan secara otomatis diaktifkan pada semua iPhone. Untuk melihatnya sendiri, buka menu 'Pengaturan' dan ketuk tab 'Data Seluler'.

Di sini, Anda akan melihat informasi hotspot pribadi serta wawasan tentang bagaimana data digunakan oleh berbagai aplikasi di perangkat.

Toggle 'Wi-Fi Assist' terletak jauh di bawah ini, jadi Anda perlu menggulir ke bagian paling bawah di mana Anda akan menemukannya tepat di atas 'iCloud Drive'.

Jika Anda ingin mematikannya, cukup ketuk tombol sekali untuk mengubahnya dari hijau menjadi abu-abu - perubahan ini akan disimpan secara otomatis.

Wi-Fi Assist dapat digunakan untuk banyak aplikasi termasuk, tetapi tidak terbatas pada Safari, Apple Music, Mail, dan Maps.

Meskipun pengaturan ini dapat mempengaruhi daya baterai, penting untuk dicatat bahwa fitur ini tidak akan secara otomatis beralih ke 'seluler' jika Anda telah mengaktifkan roaming data.

Roaming data umumnya terjadi ketika menggunakan ponsel seluler saat berlibur, dengan internet beralih ke jaringan internet yang ada di negara yang Anda kunjungi.

Wi-Fi Assist hanya berfokus pada aplikasi yang berjalan di latar depan dan tidak mengaktifkan program di latar belakang atau aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi pihak ketiga tersebut dapat menghabiskan volume data yang besar - tidak hanya merugikan daya baterai yang berharga tetapi juga uang Anda.

"Ada dua cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menghemat daya baterai — tidak peduli bagaimana Anda menggunakan perangkat Anda: atur kecerahan layar Anda dan gunakan Wi-Fi," kata Apple, si raksasa teknologi ini.

"Ketika Anda menggunakan perangkat Anda untuk mengakses data, koneksi Wi-Fi menggunakan daya lebih sedikit daripada jaringan seluler — jadi pastikan Wi-Fi selalu aktif. Untuk mengaktifkan Wi-Fi, buka Pengaturan > Wi-Fi untuk mengakses jaringan Wi-Fi," tambahnya. 

Pemilik iPhone dapat mengurangi kecerahan layar mereka dengan mengakses 'Pusat Kontrol' yang dapat diakses dengan menggeser ke bawah dari sudut kanan atas layar pada model terbaru.

Mengaktifkan 'Kecerahan Otomatis' juga dapat membantu - Anda bisa menemukannya di tab 'Aksesibilitas' di bawah 'Umum' pada 'Pengaturan'. Demikian dikutip dari DailyMail.com.