Diragukan Bisa Tangkap Harun Masiku, Firli Bahuri Pamer Keberhasilan Tangkap 2 Buronan

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menjawab tudingan buronannya, Harun Masiku bisa ditangkap. Dia memamerkan keberhasilannya menangkap tersangka kasus korupsi yang pernah kabur, yaitu Izil Azhar dan Bupati Mamberamo Tengah nonaktif Ricky Ham Pagawak.

"Boleh saja orang memberikan komentar. Dulu saya masih ingat ada kata-kata tidak akan mungkin (Izil Azhar, red) ditangkap tapi faktanya bisa kita tangkap," kata Firli seperti dikutip dari YouTube KPK RI, Selasa, 15 Agustus-

"Boleh saja orang mengatakan Ricky Ham Pagawak yang melarikan diri ke Papua Nugini juga dikatakan tidak mungkin pimpinan KPK di bawah kepemimpinan Firli bisa menangkap. Buktinya kita tangkap," sambungnya.

Firli merasa tak perlu memberikan jawaban kepada pihak yang skeptis dengan kerja KPK. "Kerja kita adalah bekerja bukan untuk memberikan komentar," tegas eks Deputi Penindakan KPK tersebut.

Sejumlah pihak terus menyoroti kemampuan komisi antirasuah menangkap Harun Masiku yang merupakan tersangka penyuap eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Salah satunya adalah bekas penyidik KPK Novel Baswedan yang tak yakin buronan itu bakal ditangkap jika Firli masih menjabat.

“Sebagaimana pernah saya sampaikan, selama Pimpinan KPK adalah Firli Bahuri dkk maka Harun Masiku tidak akan ditangkap,” kata Novel dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Senin, 7 Agustus.

Novel bilang penangkapan Harun sebenarnya hanya didasari niat pimpinan. Tapi, dia tak yakin pencarian itu dilakukan karena Firli saja tidak ingin melakukannya.

“Mau dibantu oleh siapapun, kalo Pimpinan KPKnya tidak mau ya tidak akan ditangkap,” tegasnya.

“Saya yakin karena saya kenal Firli dan saya pernah lama tugas di KPK. Jadi saya banyak informasi yang dengan itu bisa membuat keyakinan (bertambah, red),” sambung Novel.

Sebelumnya, Polri menyebut Harun Masiku berada di Tanah Air. Kepastian ini didasari data perlintasan yang mereka miliki.

“Ada data perlintasannya yang menunjukkan bahwa yang bersangkutan ada di dalam negeri,” kata Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri Irjen Krishna Murti usai melakukan pertemuan dengan jajaran struktural KPK di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin, 7 Agustus.

Sementara itu, KPK memastikan akan menindaklanjuti informasi keberadaan Harun Masiku yang disebut berada di Indonesia. Pencarian secara aktif bakal dilakukan untuk melakukan penangkapan.

“Kalau ada pasti kami tindaklanjuti. Pencarian secara aktif pasti kami lakukan,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan.