Cara Mengatasi Trauma Masa Kecil Agar Tidak Berefek Buruk Seumur Hidup

YOGYAKARTA – Trauman psikologi yang dialami seseorang di masa kecil ternyata bisa berdampak pada kepribadian seseorang hingga ia dewasa. Oleh karena itu trauman psikis di masa lalu disarankan untuk segera diatasi. Lalu, bagaimana cara mengatasi trauma masa kecil?

Cara Mengatasi Trauma Masa Kecil

Dikutip dari AI Care, trauma masa kecil dalam psikologi diklasifikaskan dalam studi The Adverse Childhood Experiences Study (ACE'a) yang serius. Ketika masa kanak-kanak, trauma bisa berupa banyak hal mulai dari kehilangan, kekerasan, pelecehan, kurang kasih sayang, dan masih banyak lagi.

Trauma yang terjadi di masa kecil bisa berdampak buruk bahkan efek gangguan mental tersebut bisa dirasakan sampai seumur hidup. Cara mengatasi trauma tersebut adalah sebagai berikut, menurut Andrea Brandt, Ph.D, terapis pernikahan dan keluarga di AS, dikutip dari situs resmi Kemenkes.

  1. Fokus dengan Diri Sendiri

Jika Anda memiliki trauma di masa kecil dan mulai mengganggu di usia dewasa, cobalah mengatasinya dengan fokus pada diri sendiri. Anda bisa mencari tempat tenang sekaligus nyaman dan mulai menenagkan diri.

Lakukan juga meditasi dengan duduk tenang dan tarik napas dalam. Fokus pada kehadiran Anda dan rasakan energi yang ada di tubuh Anda.

  1. Ingat Trauma yang Terjadi di Masa Lalu dan Rasakan Sensasi Efeknya

Setelah tenang, cobalah mengingat peristiwa yang memicu trauma Anda. Saat bayangan itu muncul coba reaksi tubuh yang muncul apakah sakit kepala, sesak, dan sebagainya. Setelah kemunculan sensasi terjadi, jelaskan perasaan pada diri sendiri seolah Anda berbicara pada diri Anda. Lakukan obrolan dengan diri sendiri dalam hati.

  1. Kenali Sensasinya

Setelah Anda merasakan emosi dan sensasi yang muncul karena mengingat trauma, coba katakan dalam hati perasaan apa yang muncul dalam hati. Langkah ini dilakukan untuk memahami diri sendiri.

  1. Berdamai dengan Sensasi

Cobalah untuk berdamai dan menerima semua sensasi yang muncul saat trauma Anda muncul. Katakan ke diri sendiri bahwa Anda menerima emosi yang muncul saat trauma terjadi. Hal ini dilakukan agar Anda mencintai diri sendiri.

  1. Jangan Menahan dan Menyembunyikan Perasaan

Fokus pada semua emosi dan sensasi yang muncul dan dirasakan. Rasakan dengan baik dan jangan menahan bahkan menyembunyikan perasaan yang muncul dalam diri Anda. Hal itu dilakukan agar perasaan tersebut tidak meledak suatu saat nanti.

  1. Sharing dengan Orang Lain

Anda disarankan untuk bercerita dengan orang lain untuk melepaskan beban yang ada. Ceritakan semua perasaan Anda yang berkaitan dengan trauma di masa lalu, namun usahakan untuk tetap berhati-hati memilih orang yang menjadi pendengar. Anda bisa juga menceritakan semua kepada profesional seperti psikolog.

Itulah informasi terkait cara mengatasi trauma masa kecil. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.