Profil Hasto Kristiyanto, Pria Kelahiran Jogja yang Kini Jadi Sekjen PDIP

YOGYAKARTA – Profil Hasto Kristiyanto kerap jadi perbincangan, terlebih menjelang tahun politik. Sosoknya tak bisa lepas dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Bahkan, ia menduduki jabatan startegis di partai yang diketuai oleh Megawati Soekarnoputri tersebut.

Profil Hasto Kristiyanto

Hasto Kristiyanto adalah politikus Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP. Ia lahir pada 7 Juli 1966 di Yogyakarta. Ia juga menghabiskan sebagian besar masa pendidikannya di Yogyakarta.

Ketertarikannya dalam dunia politik dimulai sejak ia menempuh pendidikan SMA di SMA de Britto. Saat itu ia kerap membaca buku bertema politik. Kegemarannya makin terpupuk saat ia melanjutkan pendidikan di Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dengan mengambil Teknik Kimia. Pasalnya, saat di UGM Hasto aktif bergabung di beberapa organisasi termasuk menjadi Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Teknik UGM.

Setelah menyelesaikan studinya di UGM, Hasto sempat bekerja di beberapa perusahaan. Misalnya, ia sempat menjabat sebagai Project Manager Departemen marketing PT Rekayasa Industri, selain itu juga sempat menjadi Procject Director PT Prada Nusa Perkasa.

Lalu di tahun 2002, Hasto bergabung dengan PDIP dan duduk sebagai wakil sekretaris Bidang II Media Massa dan Penggalangan DPP PDIP. Di partai yang sama, Hasto memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai DPR RI. Ternyata pencalonanya bersama PDIP berhasil membawanya ke Senayan. Hasto jadi anggota DPR RI periode 2004-2009 untuk daerah pemilihan Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, dan Trenggalek, Jawa Timur.

Setelah masa baktinya di DPR RI berakhir, Hasto yang gagal di pemilihan 2009 akhirnya ikut membesarkan PDIP. Pada masa Pilpres tahun 2014, Hasto dipercaya oleh Ketum PDIP Megawati untuk menjadi jubir pasangan Jokowi-Jusuf Kalla.

Di tahun yang sama, Hasto ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PDI Perjuangan menggantikan Tjahjo Kumolo yang kala itu ditunjuk menjadi Menteri Dalam Negeri. Lalu pada tahun 2015 Hasto mendapat pengukuhan sebagai Sekjen PDI Perjuangan dikukuhkan oleh Kongres.

Selain terkait profil Hasto Kristiyanto, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.