Jenis dan Sertifikat Kursus Menyelam Bertaraf Internasional

YOGYAKARTA - Level sertifikasi scuba diving lahir untuk memaksimalkan keselamatan selama latihan olahraga ini. Setiap penyelam memiliki kartu sertifikasi, yang membuktikan kualifikasinya. Ini penting untuk memesan perjalanan menyelam, memilih peralatan, memilih jenis udara dan bahkan untuk mencari pekerjaan sebagai penyelam profesional. Mari kita membahas jenis dan sertifikat kursus menyelam.

Tergantung pada tingkat sertifikasi scuba diving Anda, siapa pun akan tahu bahwa Anda memiliki pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan oleh berbagai lembaga pelatihan. Beberapa yang paling dikenal dan diakui secara internasional yakni CMAS, SSI, NAUI, dan, tentu saja, organisasi pelatihan menyelam terbesar di dunia, Asosiasi Profesional Instruktur Selam (PADI). Membaca artikel ini, Anda akan mengetahui tingkat sertifikasi scuba diving-nya.

Jenis dan Sertifikat Kursus Menyelam

Jenis sertifikasi menyelam

Ketika kita berbicara tentang sertifikasi menyelam, kita dapat menemukan empat tingkatan utama:

  • Sertifikasi Selam Rekreasi – untuk penyelam rekreasi
  • Sertifikasi Selam Profesional – bagi mereka yang bekerja di industri selam.
  • Sertifikasi Selam Teknis – untuk penyelam yang melebihi batas rekreasi
  • Sertifikasi Selam Komersial – untuk melakukan pekerjaan di bawah air, seperti perbaikan atau pengelasan.
  • Ini tanpa mempertimbangkan sertifikasi lain seperti free-diving, yang juga memiliki berbagai kursus dan level.

Sertifikat Kusus Menyelam Internasional

PADI Scuba Diver Atau Junior PADI Scuba Diver Untuk Memulai

PADI Scuba Diver adalah level sertifikasi scuba diving yang ditujukan bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu. Pengetahuan yang akan Anda peroleh akan memungkinkan Anda menyelam hingga kedalaman maksimum 12m / 40 kaki. 

Tapi ya, Anda harus selalu ditemani oleh penyelam profesional. Anda tidak dapat menyelam sendiri hanya dengan penyelam bersertifikat lain sebagai teman menyelam Anda pada level ini. Anda membutuhkan bimbingan profesional.

Open Water Diver (OWD) Atau Junior Open Water Diver: Level Sertifikasi Scuba Diving yang Memberi Anda Otonomi

Tujuan utama dari kursus ini adalah untuk belajar mengelola diri sendiri dan peralatan selam Anda di bawah air. Ketika Anda menyelesaikan kursus ini, Anda akan menjadi penyelam bersertifikat independen, yang berarti Anda dapat memilih pasangan menyelam Anda dengan bebas dan pergi menyelam sendiri. 

Anda tidak lagi membutuhkan kehadiran seorang penyelam profesional. Mulai saat ini Anda akan dapat menyelam dengan penyelam bersertifikat lainnya. Namun, perlu diingat bahwa ada batasan kedalaman pada level ini: 18m / 59ft untuk dewasa dan 12m / 40ft untuk junior.

Master Scuba Diver Adalah Tingkat Sertifikasi Scuba Diving Recreational Tertinggi

PADI telah mengembangkan berbagai pilihan pelatihan bagi mereka yang tertarik untuk meningkatkan pengetahuan scuba mereka. Kursus khusus menyelam dalam, malam, atau kapal karam adalah beberapa di antaranya, tetapi masih banyak lagi. 

Jika selain menjadi “Penyelam Penyelamat”, Anda memiliki 5 spesialisasi ini, Anda dapat mengesahkan diri Anda sebagai “Tuan Penyelam Scuba”

Advanced Open Water Diver (AOWD) Adalah Level Sertifikasi Amatir Scuba Diving Ketiga

Tingkat sertifikasi scuba diving rekreasi ini akan memungkinkan Anda untuk meningkatkan pengalaman Anda sebagai penyelam dan memperluas pengetahuan Anda di bidang ini. Perbedaan terbesar dengan level sebelumnya adalah menjadi AOWD Anda bisa menyelam lebih dalam. Batas kedalaman baru Anda adalah 30 meter atau 100 kaki.

Anda bisa mendapatkan sertifikasi sebagai penyelam tingkat lanjut secara gratis dengan Dressel Divers. Klik linknya dan tanya kami bagaimana caranya?

Ada Level Sertifikasi Scuba Diving untuk Penyelam Penyelamat

Kursus Penyelam Penyelamat memfokuskan kontennya pada pengembangan keterampilan penyelamatan Anda. Ketika Anda menyelesaikan kursus ini, Anda akan menjadi penyelam yang jauh lebih aman yang mampu mencegah masalah dan menangani keadaan darurat dalam kasus yang tidak mungkin terjadi.

Jadi setelah mengetahui jenis dan sertifikat kursus menyelam, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!