Jokowi Bawa Kabar Gembira: Dukung Destinasi Prioritas Tol Manado-Bitung Bakal Dilanjutkan hingga Likupang

JAKARTA - Pemerintah terus memasifikan pembangunan infrastruktur jalan tol. Selain untuk menghubungkan satu wilayah dengan wilayah lainnya, pembangunan infrastruktur juga diyakini akan mempermudah arus logistik dan dapat mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerah, termasuk pariwisata.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Tol Manado-Bitung akan disambungkan hingga Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Sulut). Integrasi tol Manado-Bitung ke arah Likupang akan dilakukan setelah semua pembangunan infrastruktur di Likupang rampung.

Likupang merupakan salah satu dari 5 destinasi pariwisata super prioritas (DPSP). Secara geografis, Likupang berada di Kabupaten Minahasa Utara yang berjarak 48 kilometer (Km) dari kota Manado. Integrasi jalan tol Manado-Bitung hingga Likupang, akan mempermudah akses menuju destinasi wisata tersebut.

"Jalan tol ini (Manado-Bitung) akan mempermudah pengiriman logistik, mobilitas barang, mobilitas orang dari Manado ke Bitung, Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung dan nantinya kita arahkan untuk menuju ke Likupang, apabila Likupang juga sudah selesai semuanya," katanya dalam peresmian Jalan Tol Manado-Bitung, Jumat, 25 Februari.

Sekadar informasi, pengembangan infrastruktur di Likupang memang menjadi fokus pemerintah. Dalam sidang kabinet Paripurna Jokowi telah memerintahkan agar semua pembangunan infrastruktur Destinasi Pariwisata Super Prioritas termasuk Likupang rampung sebelum akhir 2023.

Jokowi minta koneksi jalan nasional diperbaiki

Sebelumnya, Jokowi meminta pembangunan jalan tol diikuti dengan perbaikan koneksi terhadap jalan nasional. Sebab, integrasi antara jalan tol dan jalan nasional akan membantu memperlancar arus logistik ke sentra-sentra industri, pertanian hingga pariwisata.

Menurut Jokowi, jalan nasional yang terkoneksi antar provinsi akan menghubungkan sentra-sentra produksi daerah-daerah yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Bahkan, membuka peluang usaha baru terutama yang berada di sekitar jalan tol.

"Arahnya semuanya ke sana. Bukan hanya membangun fisik seperti ini. Rakyat akan menikmati, petani akan menikmati, pekebun akan menikmati yang berkaitan pariwisata akan menikmati. Kalau itu disambungkan semuanya jalan utama tol ini disambung dengan kawasan-kawasan produktif," katanya dalam acara peresmian Ruas Tol Binjai-Stabat yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 4 Februari.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan kehadiran jalan tol juga diharapkan dapat memunculkan titik-titik ekonomi baru di sekitarnya. "Saya yakin dengan kemajuan infrastruktur ini, kita akan bisa mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerah. Baik tadi saya sampaikan pertanian, wisata, perkebunan, perikanan dan lain-lainnya," tuturnya.

"Saya titip agar infrastruktur yang baik ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendukung usaha-usaha baru, meningkatkan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.